Warga Desa Akan Jadi Agen Cegah Peredaran Narkoba

Muhammad Khoirur Rosyid    •    27 Oktober 2015 23:02 WIB
narkoba
Warga Desa Akan Jadi Agen Cegah Peredaran Narkoba
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Surabaya: Tingginya peredaran narkoba di Jawa Timur membuat Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur membentuk fasilitator tingkat desa atau satuan tugas di wilayah desa.

Kepala Seksi Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNNP Jawa Timur Destina Kawati mengatakan satgas ini nantinya akan bertugas memberi penyuluhan dan pendampingan di wilayah desa. "Pembentukan satgas desa itu amanat UU 35/2009 tentang Narkotika," katanya, di Surabaya, Selasa (27/10/2015).

Bersama aparat desa, satgas ini akan membuat kesepakatan penyusunan program kerja untuk pencegahan narkoba masuk ke wilayah desa. Satgas ini nantinya akan diisi warga desa agar mereka mengenali lingkungannya sendiri. Pemanfaatan masyarakat desa sesuai tempat tinggal sebagai upaya mempermudah deteksi dini peredaran narkoba.

"Satgas ini nantinya akan bertugas di sekolah, lingkungan kerja dan tempat keramaian di masing-masing desa," ujar Desinta.

Selain mencegah, satgas juga ditugaskan meneliti potensi desa atau masyarakat dan siswa di masing-masing desa atau sekolahan. Tujuannya untuk peningkatan taraf ekonomi masyarakat.

"Khawatirnya jika taraf ekonomi mereka rendah, akan mudah masuk ke dalam jaringan narkoba. Tugas itu juga masuk bagian dari deteksi dini," ujarnya.


(UWA)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

1 day Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /