Evakuasi 12 Gurandil Tertimbun Longsor Kembali Dilanjutkan

Renatha Swasty    •    28 Oktober 2015 06:16 WIB
longsor
Evakuasi 12 Gurandil Tertimbun Longsor Kembali Dilanjutkan
Lubang yang kerap dijadikan tempat para gurandil untuk masuk mencari emas. Foto: MI/Dede

Metrotvnews.com, Bogor: Kepolisian Resor Bogor, Jawa Barat kembali melanjutkan evakuasi terhadap 12 penambang liar (gurandil) yang tertimbun longsor di Lubang Kunti, Blok Longsor Desa Bantar Karet, Gunung Mas Pongkor, Jawa Barat.

"Evakuasi dilanjutkan hari ini, sekitar pukul 07.00 WIB akan digelar apel pasukan yang melakukan evakuasi penambang," ujar Kapolres Bogor AKBP Suyudi Ario Seto di Bogor, Rabu (28/10/2015).

Ario mengatakan evakuasi akan menggunakan alat-alat sederhana seperti sekop, pahat, dan cangkul. Hal ini dilakukan lantaran lokasi tempat gurandil tertimbun jauh dan tidak mampu dicapai alat berat.

"Kami gunakan alat seadanya, lokasi berada di atas bukit kemiringan 100 sampai 120 meter, sisi kiri ada jurang dan sisi kanan longsor tebing," beber Ario.

Sebelumnya 12 gurandil terjebak dalam lubang yang mereka gali sendiri di Gunung Butak, Kampung Ciguha, Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Selasa 27 Oktober.

Lubang-lubang liar itu berada di area pertambangan milik PT Aneka Tambang Persero, Unit Bisnis Penambangan Emas (UBPE) Pongkor, yang juga masuk area kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Ario mengaku lubang yang menimbun para penambang liar ini adalah lubang PETI yang sudah ditutup oleh petugas dalam operasi gabungan penertiban penambangan liar di area tambang milik PT Antam September lalu.

"Tapi lubang itu mereka bongkar kembali," ujar Ario. (Antara)

 


(REN)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

8 hours Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /