Sejumlah Demonstrasi Ramaikan Jakarta di Hari Sumpah Pemuda

Misbahol Munir    •    28 Oktober 2015 11:39 WIB
unjuk rasa
Sejumlah Demonstrasi Ramaikan Jakarta di Hari Sumpah Pemuda
Ilustrasi unjuk rasa di depan Gedung DPR RI,--Foto: MTVN/Surya Perkasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Hari sumpah pemuda jatuh tepat 28 Oktober hari ini. Berbagai elemen mulai dari mahasiswa hingga buruh turun ke jalan melakukan unjuk rasa. Demontrasi digelar dengan berbagai macam tuntutan. Mulai dari penolakan sistem pengupahan, mengkritisi kinerja pemerintahan Jokowi-JK, tuntutan kesehatan, pendidikan gratis, hingga penuntasan kasus korupsi.

Beberapa kantor yang menjadi sasaran demo antara lain Istana Negara, Mahkamah Agung, Gedung DPR/MPR, Kantor Kemenaker, Kantor Kementerian ESDM, Bundaran HI, KPK, Kantor DPP PKB, Kejaksaan Agung, Kantor Nike Indonesia, Kantor SKK Migas Jakarta Selatan, dan Balai Kota DKI.

Dari informasi yang dihimpun, Rabu (28/10/2015), puluhan buruh yang tergabung pada Front Buruh Nike Indonesia (FBNI) PT Asia Dwimitra Industri berunjuk rasa di Kantor Nike Indonesia Gedung Bursa Efek Indonesia sekitar pukul 08.00 WIB. Mereka menuntut pembayaran kekurangan upah para pekerja pada tahun 2013.

Pada jam yang sama puluhan mahasiswa menggelar mimbar bebas di Kampus A Unindra Jakarta Timur. Mereka menuntut optimalisasi pelayanan kampus tersebut.

Sedangkan sekelompok demonstran dari Komite Persatuan Rakyat akan menggelar unjuk rasa sejak pukul 09.00 WIB di Kantor Kemenakertrans di Jaksel, kemudian ke Gedung Mahkamah Agung di Jakpus, dan berakhir di Istana Negara. Mereka menuntut pembatalan PP Pengupahan tahun 2015 dan penghapusan sistem kerja kotrak serta outsourcing.

Pada jam yang sama ribuan orang dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) akan berunjuk rasa di Patung Kuda, Jakarta Pusat. Mereka menuntut sistem pengupahan yang layak bagi buruh.

Di tempat yang sama, sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) dan Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) berunjuk rasa mengkritisi kinerja Pemerintah Jokowi-JK.

Sementara pada jam yang sama, puluhan mahasiswa Unisma Kota Bekasi melakukan aksi memperingati hari Sumpah Pemuda.

Unjuk rasa juga dilakukan puluhan orang yang tergabung pada Forum Anti Ahok di Balai Kota DKI Jakarta. Mereka menuntut Gubernur DKI Ahok meminta maaf karena menyinggung tentara dan mengusut dugaan adanya penyelewengan dana pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras.

Selain itu ada puluhan massa yang tergabung pada Pergerakan Indonesia Muda (PRIMA) dan Komunitas Cinta Bangsa di depan Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan. Mereka menuntut penuntasan berbagai kasus korupsi yang dinilai mandek.

Sedangkan pada siang hari sekitar pukul 14.00 WIB, massa gabungan dari GPII, PP Himmah Al-Washliyah,IMM,PMKRI, dan HMI akan berunjuk rasa di depan gedung TVRI dan DPR/MPR. Mereka menuntut sidang istimewa dan menarik mandat yang diberikan kepada Presiden Jokowi-JK.


(MBM)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /