Menengok Perkampungan Nelayan di Pulau Tirang

Kuntoro Tayubi    •    28 Oktober 2015 13:22 WIB
nelayan
Menengok Perkampungan Nelayan di Pulau Tirang
Rencana lokasi Kampung Tirang di Kota Tegal. (istimewa)

Metrotvnews.com, Tegal: Kampung deret nelayan akan dibangun di Pulau Tirang, sebelah barat Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tegalsari, Tegal, Jawa Tengah. Proyek percontohan kampung nelayan itu melibatkan akademisi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan suntikan dana tanggung jawab sosial salah satu BUMN.

“Sebagai pilot project nasional di Kota Tegal dilakukan penataan kampung nelayan di Pulau Tirang seluas 35 hektare dan pembangunan rusun nelayan di Tegalsari seluas 13.581 meter persegi dengan dana dari CSR BUMN,” ungkap Kepala Dinas Permukiman dan Tata Ruang Kota Tegal Nur Effendi, kepada Metrotvnews.com, Rabu (28/10/2015).

Untuk mewujudkan kedua rencana tersebut, hari ini, Direktorat Penataan Bangunan dan Lingkungan (PBL) Khusus Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPera) menerjunkan personel bersama tim Pusat Kajian Permukiman dan Perumahan (Pusperkim) UGM yang dipimpin Prof Budi Prayitno, juga Ikatan Arsitek Indonesia. Mereka melakukan survey lokasi di Kampung Tirang seluas 15 hektare di Tegalsari.

“Diharapkan dalam waktu dekat segera dilaksanakan eksekusinya,” katanya.

Nur menambahkan, sesuai proposal yang diajukan oleh Diskimtaru, untuk pilot project Kampung Deret Nelayan dalam tahap awal akan dibangun 12 unit dengan dua dermaga. Dengan konstruksi struktur utama beton berbentuk panggung, dilengkapi fasilitas parkir kapal nelayan, jalan konstruksi panggung dengan dilengkapi gerbang kampung deret nelayan sebagai pintu masuk dan lampu penerangan tenaga surya.

Nantinya, para nelayan dapat menjual hasil laut segar maupun yang sudah dimasak kepada masyarakat maupun wisatawan yang datang. Sehingga diharapkan dapat menjadi ikon baru dan sebagai destinasi wisata di Kota Tegal.


(SAN)

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar
Paris Saint-Germain vs Celtic

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar

12 hours Ago

Neymar berhasil menyarangkan sepasang gol ke gawang Celtic  pada menit ke-9 dan menit ke-2…

BERITA LAINNYA
Video /