Minat Gabung TPP, Jokowi: Ini Menunjukkan Indonesia Serius

Ade Hapsari Lestarini    •    28 Oktober 2015 13:23 WIB
tpp
Minat Gabung TPP, Jokowi: Ini Menunjukkan Indonesia Serius
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. (ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo menyatakan keseriusan Indonesia untuk melakukan perubahan dan memoderinsasi di bidang ekonomi. Sehingga Jokowi menyampaikan minat Indonesia ke Barack Obama untuk bergabung ke dalam the Trans-Pacific Partnership (TPP).

"Ini menunjukkan keseriusan Indonesia untuk melakukan perubahan dan memodernisasi di bidang ekonomi," kata Jokowi, seperti disampaikan Tim Komunikasi Presiden, Ari Dwipayana, dalam siaran persnya, di Jakarta, Rabu (28/10/2015).

Menurut Jokowi, saat ini Indonesia tidak lagi sekadar menjaga agar fundamental perekonomian yang antara lain menjaga defisit fiskal tidak melebihi tiga persen dari produk domestik bruto (GDP) dan independensi bank sentral dalam menjaga stabilitas harga.

"Indonesia juga kini mulai bergerak untuk lebih memperhatikan sektor swasta, baik dalam maupun asing yang sudah menyumbang sekitar 40-50 persen GDP," jelas Jokowi.

Selain itu, disadari juga bahwa dunia usaha dan industri Indonesia harus terintegrasi dalam mata rantai suplai regional dan global. Untuk itu, disamping masalah regulasi, juga harus didukung infrastruktur seperti pelabuhan dan pergudangan. Pembangunan infrastruktur itulah yang kini sedang gencar dilakukan oleh Pemerintah Indonesia.

Indonesia merupakan bagian dari market-economy, salah satu buktinya adalah nilai tukar mata uang Indonesia ditentukan oleh pasar. Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia harus mendengar apa yang disuarakan oleh pasar. "Dan saya di sini untuk mengatakan bahwa kami mendengarkan suara itu dengan jelas," ujar Presiden.

Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya fokus terhadap suatu permasalahan. "Fokus itu penting, atau tidak ada masalah yang dapat diselesaikan," lanjut Presiden.

Oleh karena itulah, sejak awal pemerintahannya, Presiden Jokowi selalu mengambil langkah satu per satu untuk mengatasi permasalahan yang ada. Langkah pertama adalah mengalihkan subsidi bahan bakar minyak ke program yang lebih membawa manfaat bagi rakyat. Selanjutnya adalah mempercepat pembangunann infrastruktur.

"Dan sekarang, kami tengah fokus pada sektor swasta. Meski demikian reformasi ekonomi yang tengah kami jalani tidak dapat selesai dalam waktu sekejap. Untuk itu kami terus melakukan upaya dan perbaikan sampai semua dapat terlaksana dengan baik," pungkas dia.


(AHL)

Thiago Alcantara Cedera Serius
Anderlecht vs Bayern Muenchen

Thiago Alcantara Cedera Serius

1 hour Ago

Kemenangan Bayern Muenchen atas Anderlecht pada matchday kelima Liga Champions 2017 -- 2018 diw…

BERITA LAINNYA
Video /