Keris 500 Tahun Ikut Pawai Budaya

Patricia Vicka    •    28 Oktober 2015 23:47 WIB
budaya
Keris 500 Tahun Ikut Pawai Budaya
Keris berusia 500 tahun diselipkan di pinggang "Jenderal Sudirman" dalam pawai budaya pembukaan Keris Summit 2015. Foto: Metrotvnews.com/Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pawai Budaya meriahkan pembukaan Keris Summit 2015 Rabu 28 Oktober. Pawai Budaya yang diikuti sekitar seribu seniman dilakukan di Jalan Malioboro dimulai dari depan gedung DPRD DIY dan berakhir di Benteng Vredeburg.

Uniknya keris dari zaman Prabu Brawijaya turut ikut pawai. Keris yang diperkirakan berumur 500 tahun ini dibawa pria berpakaian ala Jenderal Sudirman dengan jubah, blankon, dan tongkat. Keris zaman Brawijaya itu ia selipkan dipinggangnya. Ia menaiki mobil Jeep perang retro hijau lumut.

Suhud mengatakan keris coklat muda miliknya sengaja ia bawa untuk dipamerkan dalam Karnaval Budaya bertema Keris Warisan Pusaka Budaya Dunia. "Ini keris turun-temurun dari orang tua saya. Kabarnya ini keris dari zaman Prabu Brawijaya sekitar 1478. Tapi saya tidak tahu apakah keris ini milik Prabu Brawijaya atau bukan," tutur Suhu pada Metrotvnews.com di Benteng Vredeberg, Yogyakarta, Rabu (28/10/2015).

Ia melanjutkan, bagi Jenderal Sudirman, keris adalah benda yang amat penting karena menjadi senjata utamanya. "Orang zaman dulu percaya dengan kemampuan keris. Benda ini dianggap salah satu pusaka untuk mempertebal keyakinan dan keagamaan," kata pria yang tinggal di sekitar alun-alun selatan Keraton Yogyakarta itu.

Keris Summit 2015 akan berlangsung hingga 1 November di Benteng Vredeburg Yogyakarta. Dalam acara ini akan dipamerkan ratusan keris dari seluruh Indonesia. "Ada 64 paguyuban keris dari 24 provinsi se-Indonesia yang ikut pameran. Keris-keris itu dipamerkan mulai pukul 09.00-21.00 WIB," kata penanggung jawab acara, Erlina Hidayati Sumardi, di Yogyakarta.

Masyarakat juga bisa melihat dan ikut serta dalam workshop pembuatan keris. "Adapula bursa keris di mana keris-keris akan dijual di dalamnya," kata dia.


(UWA)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /