JK: Meski Kekeringan, Kita Dahulukan Masyarakat yang Terkena Asap

Dheri Agriesta    •    29 Oktober 2015 09:39 WIB
kabut asap
JK: Meski Kekeringan, Kita Dahulukan Masyarakat yang Terkena Asap
Wapres Jusuf Kalla melepas relawan PMI ke daerah terpapar kabut asap,--Foto: MTVN/Dheri Agriesta

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla melepas 630 orang relawan Palang Merah Indonesia (PMI) ke daerah terpapar kabut asap. JK mengatakan, operasi yang diluncurkan tim relawan PMI ini merupakan lanjutan operasi tim di daerah.

"Kebakaran hutan sudah berlangsung selama tiga bulan. PMI daerah sudah bekerja sekuat tenaga karena semua diinstruksikan supaya bekerja. Namun karena melihat kondisi ini makin besar, maka PMI membantu melaksanakan lebih besar lagi sebagai kelanjutan operasi masing-masing," kata JK di Kantor Pusat PMI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (29/10/2015).

Tim operasi berasal dari PMI di berbagai daerah seperti Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Timur. JK mengatakan, dalam operasi bencana asap air bersih sangat diperlukan.

PMI mengerahkan 63 unit tangki air dan enam penjernih air yang akan dipinjam dari Jawa Tengah. Meski sedang menghadapi bencana kekeringan, JK meminta masyarakat yang terkena dampak asap kebakaran hutan dan lahan diprioritaskan.

"Saya tahu Anda dari berbagai daerah mengalami kekeringan, namun didahulukan masyarakat yang terkena asap, daerah yang betul-betul. Mudah-mudahan kekeringan bisa sampai Desember. Sekarang pun hujan sudah datang sedikit," kata JK.

Ketua Umum PMI ini menekankan kepada relawan bekerja secara sukarela dan mengutamakan nilai kemanusiaan. Operasi ini mendapat bantuan dari Federasi Palang Merah, Bulan Sabit Merah Internasional, Palang Merah Amerika dan Palang Merah Australia.

PMI mengirimkan 700 ribu masker dan 10 ambulans yang akan difokuskan di wilayah kabut asap. Selain itu, bantuan juga dilengkapi 100 ribu masker N95, 150 ribu masker Evo, penyaring udara, dan obat tetes mata.


(MBM)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

14 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /