Wapres: Ada Banyak Keuntungan Budidaya Perikanan

Dheri Agriesta    •    29 Oktober 2015 15:16 WIB
perikanan
Wapres: Ada Banyak Keuntungan Budidaya Perikanan
Wakil Presiden Jusuf Kalla. MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Tangerang: Pemerintah harus meningkatkan produksi perikanan dengan memanfaatkan budidaya perikanan yang dianggap memiliki banyak keuntungan.

Menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), perikanan budidaya, selalu memberikan dampak yang lebih baik karena bisa memanfaatkan teknologi untuk menambah pendapatan. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi dan skill harus ditingkatkan. Selain itu, bisnis perikanan budidaya dianggap lebih menarik.

"Dari segi bisnis juga kalau perikanan tangkap susah dapat kredit karena jaminan susah dipegang, tapi kalau perikanan budidaya bagi perbankan lebih mudah karena mempunyai agunan atau bukti proyek yang dapat dilaksanakan," kata JK dalam sambutan Indonesia Aquaculture 2015 di ICE, Tangerang, Kamis (29/10/2015).

Dia juga menilai perikanan budidaya menciptakan keadilan yang lebih baik bagi masyarakat. Sebab, bentuk dari perikanan budidaya dapat dilihat secara langsung.

Pada umumnya, perikanan budidaya juga menghasilkan kesetaraan gender. Usaha perikanan yang didominasi perikanan tangkap hanya dikuasai kaum lelaki.

Tak banyak perempuan yang pergi melaut untuk menangkap ikan. Hal ini tak berlaku di perikanan budidaya. Kata JK, perempuan bisa saja turun berbisnis di perikanan budidaya dengan menjaga dan mengelola kolam ikan.

"Kalau budidaya sangat penuh dengan gender, karena wanita juga dapat menjaga kolam, memberikan benih pupuk dan mengelolanya. Jadi sangat bagus untuk kesetaraaan gender," kata JK.

Ada banyak hal yang dapat diperhatikan dalam perikanan budidaya. Setidaknya, pengusaha perikanan budidaya tak perlu takut tak memperoleh ikan saat cuaca tak bersahabat.

"Jadi banyak hal yang dapat diperhatikan dalam budidaya perikanan, baik peningkatan pendapatan, pemerataan, kesetaraan gender. Jangan nanti kalau cuaca tidak bagus kapal tidak bisa jalan," pungkas JK sembari mengingatkan.



(SAW)


Babak 1: Saling Balas Gol pada Laga Muenchen vs Madrid
Bayern Muenchen vs Real Madrid

Babak 1: Saling Balas Gol pada Laga Muenchen vs Madrid

17 minutes Ago

Selain harus kebobolan gol dari Madrid, pasukan Jupp Heycnkes ini juga kehilangan dua pemain me…

BERITA LAINNYA
Video /