Begini Skenario Relokasi Hunian Terdampak Bandara Kulon Progo

Patricia Vicka    •    29 Oktober 2015 16:03 WIB
bandara
Begini Skenario Relokasi Hunian Terdampak Bandara Kulon Progo
Papan-papan penolakan warga Kecamatan Temon sebagai lokasi Bandara Kulon Progo. (Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Usai menerima salinan putusan kasasi ihwal izin penetapan lokasi (IPL) dari Mahkamah Agung, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan lahan untuk relokasi warga.

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo mengatakan nantinya tempat relokasi tidak jauh dari tempat tinggal lama. Bahkan masih satu desa dengan tempat warga terdampak pembangunan bandara.

Sementara tanah untuk tempat relokasi akan didapatkan dari tanah kas desa. "Misalnya di desa Palian dan Glagah kan punya tanah kas desa. Nanti warga yang tanahnya dipakai untuk bandara kita pindahkan ke tanah kas desa. Kalau kurang kemungkinan pakai tanah kas desa lainnya," ujar Hasto di Hotel Royal Ambarukkmo Yogyakarta, Kamis (29/10/2015).

Pemkab kini tengah menyiapkan opsi-opsi lokasi pemindahan lahan. "Kami juga sedang mencari lokasi untuk lahan relokasi pertanian, perkebunan, dan usaha. Ini untuk menyesuaikan dengan keinginan dan kemampuan warga yang terdampak," kata Hasto.

Setelah lokasi ditentukan, relokasi dimulai dari bangunan pemerintah desa serta sarana dan prasarana umum. "Kami akan pindahkan kantor, gedung, dan aset pemda. Untuk kasih contoh pada warga. Kemudian pindahin fasilitas dan sarana umum seperti bangun masjid, gereja, dan puskesmas," jelasnya.

Proses terakhir adalah memindahkan hunian dan tanah warga. "Setelah kami pindahkan fasilitas umum kami harap warga punya bayangan tempat tinggalnya yang baru. Sehingga menjawab semua ketakutan warga dan mereka mau pindah," ucap Hasto.

Pihaknya akan melakukan komunikasi kembali kepada warga agar mereka siap dan bersedia direlokasi. Pemkab juga akan mengadakan pelatihan dan pemberdayaan kepada warga yang mau alih profesi. "Caranya dengan menggandeng perusahaan untuk melakukan CSR (corporate social responsibility) pelatihan skill," pungkasnya.


(SAN)


Saling Sengat, Thailand Ungguli Indonesia di Babak Pertama
Babak I: Thailand vs Indonesia

Saling Sengat, Thailand Ungguli Indonesia di Babak Pertama

1 hour Ago

Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand pada laga ketiga penyisihan Grup B Piala AFF 2018,…

BERITA LAINNYA
Video /