Pasang Bendera, Pelajar Dilarang Mendaki Gunung Merapi 3 Tahun

Ahmad Mustaqim    •    29 Oktober 2015 18:01 WIB
gunung merapi
Pasang Bendera, Pelajar Dilarang Mendaki Gunung Merapi 3 Tahun
Septian (tengah) bersama sejumlah rekannya saat menerima penjelasan mengenai aktivitas pemantauan Gunung Merapi oleh Kepala BPPTKG DIY I Gusti Made Agung Nandaka (kanan). (Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pengelola Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) akhirnya memberikan sanksi bagi Septian Anggara Putra bersama beberapa pendaki lainnya, yang telah memasang bendera di tiang pancang penyangga kamera pemantau aktivitas kawah bawah gunung tersebut.

Sanksi diambil karena pemasangan bendera itu mengganggu pemantauan kawah Merapi. Selain itu, mereka mendaki melewati batas yang ditentukan, yakni Pasar Bubrah.

"Ada dua sanksi yang kita berikan kepada mereka," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha TNGM, Tri Atmojo saat dihubungi, Kamis (29/10/2015).

Tri menjelaskan, sanksi pertama yang diberikan yakni Septian dkk dilarang melakukan pendakian ke Gunung Merapi selama tiga tahun. Sanksi kedua, kata Tri, mereka diwajibkan terlibat merawat ekosistem Gunung Merapi bersama TNGM. Perawatan ekosistem itu, yakni bersih-bersih dan kegiatan penghijuan Merapi yang juga selama tiga tahun.

Namun, ia melanjutkan, lantaran mereka berstatus pelajar, waktu pemberian sanksi akan disesuaikan agar tidak menganggu aktivitas pembelajaran.

"Intinya, kita tidak ingin menghalangi minat mendaki. Sanksi ini sifatnya lebih pada edukasi saja, mereka kan masih muda," ujarnya.

Septian bersama teman-temannya melakukan pendakian di Gunung Merapi dan memasang bendera di tiang penyangga CCTV. Akibatnya, kegiatan pemantauan dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) DIY terhalang berdera itu. 

Septian dkk akhirnya menyampaikan permohonan maaf kepada pihak BPPTKG DIY dan pihak yang merasa terganggu akibat tindakan yang dilakukan.


(SAN)


Kepolisian Liverpool Dinilai Tidak Becus

Kepolisian Liverpool Dinilai Tidak Becus

9 hours Ago

Pengacara yang mewakili dua ultras Roma tersangka penganiayaan suporter Liverpool menyatakan ke…

BERITA LAINNYA
Video /