Komisi IV Desak Pemerintah Tindak Tegas Pembakar Hutan

Al Abrar    •    29 Oktober 2015 18:12 WIB
kebakaran hutan
Komisi IV Desak Pemerintah Tindak Tegas Pembakar Hutan
Ilustrasi kebakaran hutan/ANT

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua Komisi IV Herman Khaeron meminta pemerintah menindak tegas pelaku pembakaran hutan dan lahan. Terlebih kepada perusahaan yang diduga menjadi dalang di balik kasus kabut asap di sejumlah provinsi di Indonesia.

"Jika benar terbukti melakukan pembakaran hutan maka pemerintah harus melakukan tindakan tegas, yaitu pencabutan izin operasi," kata Khaeron di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (29/10/2015).

Selain pencabutan izin operasi kepada perusahaan, tegas Herman, pelaku pembakaran hutan harus dimintai pertanggungjawaban dan ikut memadamkan api yang sudah menyebar disejumlah wilayah Sumatera dan Kalimantan.

"Mereka harus dapat bertangung jawab dalam hal pemadaman, dan adanya evaluasi ekonomi terhadap kerusakan, sehingga bisa dihitung," ucapnya.

Karena itu, lanjut dia, untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan, setiap perusahaan harus mematuhi peraturan. Sehingga perusahaan tidak asal melakukan kegiatan demi melancarkan keuntungan perusahaan.

"Bagi perusahaan yang dapat konsesi terhadap penguasaan hutan kebun harus patuhi aturan sehingga mereka akan segitu berhati-hati terhadap pelaksaan membuka lahan. Ini masih wacana tapi bisa diterapkan ke depan," ujarnya.


(OJE)


Video /