Rusak Total, Ratusan Sekolah di DKI Diperbaiki Mulai 2016

Achmad Zulfikar Fazli    •    29 Oktober 2015 18:58 WIB
sekolah rusak
Rusak Total, Ratusan Sekolah di DKI Diperbaiki Mulai 2016
Ilustrasi Sekolah Rusak/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan memperbaiki ratusan sekolah yang mengalami kerusakan total di Ibu Kota. Perbaikan rencananya dilakukan secara bertahap mulai awal 2016.

"Total itu masih kurang lebih 200-an (sekolah) yang mengalami rusak total," kata Kepala Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan DKI Jakarta Sarjoko kepada Metrotvnews.com di Gedung Perpustakaan Daerah, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (29/10/2015).

Kerusakan terbanyak, kata dia, ada pada bangunan SDN. Sebab, sebagian besar bangunan SDN merupakan banguan tua. Sementara bangunan SMA dinilai lebih bagu.

"Sasaran untuk total itu ada di SD. Karena SD itu bangunan mulai dari kebijakan sekolah inpres dulu jadi rata-rata sudah diatas 30 tahun. Bangunan mereka masih standard satu lantai yang atapnya sangat curam itu," terang dia.

Sarjoko menarget perbaikan 58 sekolah bisa direalisasikan awal tahun depan. Dengan begitu, akhir 2018 seluruh sekolah di DKI selesai diperbaiki.

"Rencana kita sebenarnya 2017 (kelar perbaikan seluruh sekolah), tapi ada pergeseran menjadi 2018. Kan soalnya yang kita asumsikan di 2017 itu kalau perbaikannya mulai di 2015, tapi kan kita undur menjadi 2016. Jadi target 2018 selesai," pungkas dia.

Sebelumnya diberitakan, Dinas Pendidikan DKI Jakarta menargetkan penyelesaian rehabilitasi atau perbaikan total terhadap 58 sekolah di 2016. Sekolah tersebut terdiri dari tingkat SD, SMP dan SMA.

Kepala Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan DKI, Sarjoko mengatakan, awalnya pemerintah daerah telah mengusulkan agar 58 sekolah tersebut dapat dibangun dengan menggunakan anggaran 2015. Karena keterbatasan anggaran dan waktu, kata dia, sehingga proses pembangunannya mengalami penundaan hingga 2016.

Dari 58 sekolah yang akan diselesaikan pembangunannya ini, sambung dia, sebanyak 12 sekolah merupakan perbaikan lanjutan dari tahun 2015. Sebab, sekolah tersebut diprediksi tidak akan selesai pembangunannya hingga akhir tahun ini.


(OJE)


Sebelum Hadapi Liverpool, Skuat Roma Kenang Tragedi Hillsborough
Jelang Liverpool vs AS Roma

Sebelum Hadapi Liverpool, Skuat Roma Kenang Tragedi Hillsborough

12 minutes Ago

Rombongan tim AS Roma, termasuk jajaran pelatih dan para pemainnya telah tiba di Liverpool pada…

BERITA LAINNYA
Video /