On This Day: Lahirnya Superstar Argentina

Patrick Pinaria    •    30 Oktober 2015 10:31 WIB
liga dunia
<i>On This Day</i>: Lahirnya Superstar Argentina
Diego Maradona (Foto: beautifulofgamesoccer)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tepat pada 55 tahun lalu menjadi hari kelahiran seorang bintang besar Argentina Diego Armando Maradona. Ia lahir di salah satu kota Argentina, Lanus pada 30 Oktober 1960.

Publik Argentina saat itu mungkin tak pernah menyangka telah memiliki pemain berbakat seperti Maradona. Maklum saja karena saat itu, Maradona bukanlah seorang yang terpandang. Ketika itu, ia hidup dalam kemiskinan di pinggiran Buenos Aires.

Bakat Maradona sudah terlihat sejak ia berusia 10 tahun. Saat itu, ia sudah bergabung dengan salah satu tim Argentina, Argentinos Juniors pada 1976 yang merupakan klub profesional pertamanya.

Maradona sukses tampil apik bersama Argentinos. Buktinya, ia langsung menjadi andalan bagi tim. Tercatat, ia tampil sebanyak 167 penampilan selama lima musim. Setelah itu, Maradona memutuskan bergabung dengan salah satu klub raksasa Argentina, Boca Juniors pada 1981.

Nama Maradona perlahan semakin melejit ketika ia sukses menunjukkan performa impresif bersama timnas Argentina di Piala Dunia 1982. Penampilan apiknya itu mampu menarik perhatian klub raksasa Spanyol, Barcelona. Tak tanggung-tanggung, ia direkrut El Barca dengan nilai transfer 5 juta poundsterling atau sekitar Rp104 miliar.

Di musim pertamanya, Maradona sukses mempersembahkan tiga gelar untuk Barcelona seperti Copa Del Rey, La Liga Spanyol, dan Piala Super Spanyol. Namun, karier Maradona di Barcelona tak bertahan lama. Maradona meninggalkan Camp Nou pada 1984 karena terlibat konflik dengan pihak Barcelona. 

Napoli menjadi pelabuhan Maradona selanjutnya. I Partenopei harus rela menebus Maradona dengan nilai transfer 6,9 juta poundsterling atau Rp144 miliar dari Barcelona.

Selama tujuh musim, Maradona telah membantu Napoli meraih lima gelar di antaranya dua gelar Liga Serie-A Italia, satu gelar Coppa Italia, satu gelar Liga Europa, dan satu gelar Piala Super Italia.

Setelah itu, ia melalang buana ke dua klub berbeda seperti Sevilla dan Newell's Old Boys selama dua musim sebelum kembali membela Boca Juniors pada 1995.

Selain di level klub, Maradona juga memberikan sejumlah prestasi untuk negara. Pada 1986 menjadi kisah terhebat Maradona. Ia sukses menjadi bintang bagi timnas Argentina. Ketika itu, ia berhasil membawa La Albiceleste meraih gelar Piala Dunia. Pada turnamen tersebut, Maradona berhasil mencetak lima gol dan menyumbang lima assist. 

Tak hanya itu, Maradona juga melakukan aksi kontroversial dan memukau ketika menghadapi timnas Inggris, di mana ia berhasil menciptakan gol "Tangan Tuhan" dan juga "Goal of The Century".


(PAT)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /