PGN Perluas Penyaluran Gas Bumi ke Rumah Tangga di Pasuruan

Annisa ayu artanti    •    30 Oktober 2015 10:33 WIB
perusahaan gas negara (pgn)
PGN Perluas Penyaluran Gas Bumi ke Rumah Tangga di Pasuruan
Ilustrasi PGN -- FOTO: ANTARA/ERIC IRENG

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) mencatat total gas bumi yang telah disalurkan PGN melalui jaringan pipa sebanyak 1.370 m3 kepada 137 kepala keluarga di Pasuruan.

Area Head PGN Pasuruan, Mula Prasetyawan Senja mengatakan, pembangunan jaringan pipa dan penyaluran gas ke rumah tangga di Pasuruan merupakan bagian dari komitmen PGN untuk terus memperluas pemanfaatan gas bumi di Indonesia.

Menurutnya, gas bumi sebagai energi baik yang ramah lingkungan, efisien dan aman, terbukti mampu memberikan manfaat bagi ratusan ribu pelanggan rumah tangga PGN di berbagai wilayah di Indonesia. Penyaluran gas bumi untuk rumah tangga ini merupakan program PGN Sayang Ibu yaitu menambah pelanggan rumah tangga PGN sebanyak satu juta rumah tangga di Indonesia.

"Penyaluran gas bumi untuk rumah tangga di Pasuruan ini juga menjadi bagian dari upaya PGN untuk mendukung program pemerintah dalam rangka konversi energi dari BBM ke gas bumi. Dengan dukungan dari masyarakat, para pemangku kepentingan dan pelaku usaha, PGN berharap dapat terus memperluas pemanfaatan gas bumi di Pasuruan," kata Mula, dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat (30/10/2015).

Hingga akhir 2015, PGN menargetkan dapat menyalurkan gas bumi di wiayah Kota Pasuruan hingga sebanyak 200 rumah tangga. Sementara untuk kabupaten Pasuruan sebanyak 200 rumah tangga ditargetkan dapat menikmati gas bumi sebagai energi bebas subsidi ini tahun depan. Dengan penambahan pelanggan di Pasuruan, maka untuk wilayah Jawa Timur jumlah pelanggan rumah tangga PGN telah mencapai 13.601 pelanggan.

Mula menambahkan, pemasangan jaringan pipa ke rumah tangga di Pasuruan ini melewati beberapa tahap, seperti sosialisasi program, pengumpulan formulir berlangganan dan evaluasi calon pelanggan. Setelah  persetujuan berlangganan diperoleh, baru dilanjutkan pemasangan jaringan pipa gas dan penyaluran gas.

"Secara teknis, penyaluran gas ke rumah tangga ini akan lebih cepat dilakukan apabila telah tersedia jaringan pipa induk dan pipa distribusi di sekitar lokasi calon pelanggan. Ke depan, PGN akan terus membangun infrastruktur agar gas bumi dapat menjadi sumber energi di negeri sendiri,” tambahnya.


(AHL)

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool
Bursa Transfer Pemain

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool

10 hours Ago

Juventus akhirnya menyatakan menyerah mengejar gelandang Liverpool Emre Can.…

BERITA LAINNYA
Video /