Penyempurnaan Sistem Ketatanegaraan oleh Lembaga Pengkajian MPR

Kesturi Haryunani    •    30 Oktober 2015 11:41 WIB
mpr ads
Penyempurnaan Sistem Ketatanegaraan oleh Lembaga Pengkajian MPR
etua Badan Pengkajian MPR Bambang Sadono saat membuka FGD di Gedung PP Muhammadiyah, Jakarta.

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pengkajian MPR bekerja sama dengan PP Muhammadiyah menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Implementasi Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 Bidang Ketatanegaraan. Acara diikuti 25 peserta yang terdiri dari pimpinan majelis dan lembaga di lingkungan Muhammadiyah yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

"Kami menginginkan dari forum ini muncul gagasan dan pemikiran untuk memperkaya konsep yang dimiliki Badan Pengkajian dalam penyempurnaan sistem ketatanegaraan," ungkap Ketua Badan Pengkajian MPR Bambang Sadono saat membuka FGD di Gedung PP Muhammadiyah, Jalan Keramat Raya Nomor 62, Jakarta, Kamis (29/10/2015).

Menurut Bambang, sebagaimana rekomendasi MPR periode 2009-2014, MPR periode 2014-2019 diharapkan melakukan penyempurnaan sistem ketatanegaraan. "Tentu yang kita persiapkan menyangkut masalah fundamental," ungkapnya.

Ada lima hal yang perlu disempurnakan. Pertama, tentang Pancasila. "Selama ini ada anggapan kalau membicarakan Pancasila seolah-olah mengutak atik Pancasila. Padahal, yang kita inginkan bagaimana melaksanakan Pancasila secara benar. Semua UU harus merujuk ke Pancasila," ujar Bambang.

Kedua, menata kembali MPR. Persoalan MPR, jelas Bambang, perdebatannya cukup panjang. "Bagaimana dengan nasib Ketetapan MPR? Juga banyak sekali usul agar Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) dihidupkan kembali," terangnya.

Masalah lain yang diagendakan untuk disempurnakan yaitu Sistem Presidensial, Dewan Perwakilan Daerah, dan lembaga negara lainnya meliputi Mahkamah Konstitusi (MK), Mahkamah Agung (MA), dan Komisi Yudisial (KY).

Hadir dalam FGD kali ini, Wakil Ketua MPR periode 2009-2014 Hajriyanto Y. Thohari, anggota MPR Fraksi PAN Ali Taher, dan anggota MPR Fraksi PKS Al-muzamil Yusuf.


(NIN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /