Peringati Hari Uang, Menkeu: ORI Sebagai Lambang Kedaulatan Indonesia

Dian Ihsan Siregar    •    31 Oktober 2015 08:57 WIB
Peringati Hari Uang, Menkeu: ORI Sebagai Lambang Kedaulatan Indonesia
Ilustrasi uang rupiah (Dok: MI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, peristiwa beredarnya Oeang Republik Indonesia (ORI) untuk pertama kalinya jatuh pada 30 Oktober 1946 bukanlah cerita yang biasa, melainkan sebuah momen bersejarah dan penuh semangat patriotisme.

"Walaupun memiliki masa edar singkat, sejarah membuktikan bahwa ORI menjadi alat pemersatu bangsa sekaligus lambang kedaulatan negeri zamrud khatulistiwa," sebut Bambang, ditemui dalam peringatan hari uang di Kantor Kemenko Perekonomian‎, Jakarta, Sabtu (31/10/2015).

Menurut Bambang, kini rupiah merupakan alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI. Mata uang kebanggaaan masyarakat Indonesia ini telah mengiringi perjalanan bangsa Indonesia selama puluhan tahun.

Beberapa tahun terakhir, dia menekankan, mata uang Garuda menunjukkan kecenderungan pelemahan akibat tekanan eskternal dan domestik. Namun, dengan upaya koordinasi yang dilakukan Kemenkeu bersama pihak terkait melalui kebijakan mendorong penguatan rupiah, hal itu memberikan efek yang positif bagi rupiah kembali membaik.

"Kita tidak dapat memungkiri bahwa saat ini rupiah belum berada dalam performa terbaiknya. Perlambatan ekonomi dan ketidakpastian global yg sedang terjadi tetap membutuhkan kewaspadaan. Kemenkeu pun berkomitmen penuh untuk memfokuskan kebijakan ikut menjaga rupiah sesuai nilai fundamentalnya," jelas Bambang.

Untuk itu, Bambang mengimbau kepada jajaran pejabat dan pegawai di lingkungan Kemenkeu untuk ikut menjaga rupiah. Maka dari itu, lanjut dia, ‎mari jadikan instansi Kemenkeu sebagai pelopor penggunaaan rupiah dalam setiap transaksi di wilayah NKRI.

"Penggunaan rupiah dalam setiap transaksi adalah kunci tercapainya kestabilan nilai tukar rupiah," pungkas Bambang.
(AZF)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

2 days Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /