Tangani Bencana Asap, GP Ansor Gelar Shalat Istisqo

Angga Bratadharma    •    31 Oktober 2015 16:24 WIB
bnp2tki
Tangani Bencana Asap, GP Ansor Gelar Shalat Istisqo
GP Anshor saat shalat istisqo (Dok: BNP2TKI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ratusan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) GP Ansor menggelar shalat istisqo guna memohon atau berdoa agar hujan segera turun. Pelaksanaan shalat istisqo dan doa minta hujan tersebut sebagai keprihatinan atas musibah kebakaran lahan dan hutan yang menimbulkan bencana asap.

Kepala Satuan Koordinator Nasional (Kasatkornas) Banser Alfa Isnaini mengatakan, sebagai rakyat yang beriman, maka dalam menghadapi musibah harus dengan kesabaran, bersatu dan bekerja keras, serta tidak saling menyalahkan atas penanganannya. 

Apalagi, lanjutnya, bencana asap ini juga efek dari fenomena global yang menimpa berbagai negara di belahan dunia, termasuk Indonesia, yaitu di daerah Sumatera dan Kalimantan bahkan sudah sampai ke Sulawesi dan Papua.
 
"Diimbau kepada seluruh anggota GP Ansor untuk turut serta mengajak masyarakat mensikapi kejadian kebakaran lahan dan hutan dengan hati dan kepala dingin serta bersikap proporsional, dan jangan sampai disibukkan untuk saling menyalahkan pihak-pihak tertentu," kata Alfa, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu (31/10/2015). 

Shalat istisqo diikuti ratusan anggota Banser, dipimpin oleh imam Habib Hamid Alqadri. Ansor juga menggelar shalat istisqo secara serentak di beberapa daerah seperti di Makasar, Bandung, Cirebon, Kalsel, Kalteng, Sumsel, Jambi, Kalbar, Yogyakarta, Banten, Pekalongan, dan Probolinggo.

Menurut Alfa, jika memang ada yang bersalah, GP Ansor meminta untuk diserahkan sepenuhnya penanganannya kepada aparat keamanan atau pihak yang berwenang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

"Semua pihak termasuk anggota GP Ansor dimohon untuk fokus, bekerja sama, bahu-membahu terhadap upaya-upaya penenganan bencana sesuai dengan kemampuan masing-masing yang bisa dilakukan," pungkasnya. 


(ABD)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

5 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /