Pemerintah Tetap Usahakan Hujan Buatan

LB Ciputri Hutabarat    •    01 November 2015 10:54 WIB
kebakaran hutan
Pemerintah Tetap Usahakan Hujan Buatan
Anggota TNI memadamkan api di lahan gambut, Desa Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Riau, Minggu (20/9).--Foto: Antara/Regina Safri

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah tetap mengusahakan penanganan kebakaran dan asap dengan merekayasa hujan buatan. Meski optimis bakal turun hujan, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebut hujan buatan tetap bergantung dengan kondisi alam.

"Hujan buatan satu syaratnya harus ada awan," kata JK usai melaksanakan salat Istisqo di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Minggu (1/11/2015).

Hujan buatan, kata JK, hanya dibuat sebagai pemantik turunnya hujan. Agar hujan buatan berhasil, harus ada awan yang nantinya jadi media turunnya hujan di tempat hujan buatan direkayasa.

"Kita tidak bisa menciptkan hujan sendiri sebenarnya. Hujan buatan hanya mendorong dan mempercepat hujan. Tapi kalau ada awan Insya Allah (hujan)," kata JK.

JK mengatakan, pemerintah sudah siap sedia dari segi fasilitas dalam merekayasa hujan buatan. Sejumlah pesawat sudah disiapkan. "Hercules selalu stanby, asal ada awan," ungkap dia.

Usaha pemerintah lanjut dia, sudah maksimal dengan upaya yang sudah dilakukan.

"Harus dibarengi sekali dua kali tiga kali doa. Alhamdullilah negeri kita banyak perkiraan sampai Desember (hujan). Tapi sudah sebagian juga sudah kena hujan," kata dia.


(MBM)