BNN Temukan 38 Narkotika Jenis Baru Beredar di Indonesia

Amaluddin    •    01 November 2015 11:47 WIB
narkoba
BNN Temukan 38 Narkotika Jenis Baru Beredar di Indonesia
Indonesia Bebas Narkoba, Ant

Metrotvnews.com, Surabaya: Masyarakat harus peduli dengan penjualan narkotika di Indonesia. Sebab, sebanyak 38 narkotika jenis baru ditemukan dan beredar di Indonesia.

Demikian disampaikan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso saat berkunjung ke Gedung DPRD Jawa Timur (Jatim) di Jalan Indragiri, Surabaya, Jatim, Sabtu 31 Oktober 2015.

"Dari 38 jenis itu ada yang bisa dikonstruksikan ke dalam aturan hukum, namun ada juga yang belum. Dan kami masih mendalami dan mempelajari agar narkoba dengan beragam jenis itu masuk dalam aturan hukum," kata Budi.

Menurut Budi, peredaran narkotika di Indonesia sudah berkembang pesat. Sebanyak 280 jenis baru narkotika ditemukan di dunia. Namun 38 di antaranya sudah teridentifikasi masuk ke Indonesia.

"Bahkan, para sindikat narkotika terus melakukan uji coba dan memodifikasi produk terbaru serta mencari cara dalam menyelundupkannya agar tak tercium oleh petugas," jelasnya.

Lantaran itu, Budi berharap semua instansi dan lapisan elemen masyarakat turut aktif memerangi narkotika. 

Budi mengungkapkan, pada 2015, BNN menyita aset yang didapat dari 11 tersangka. Nilai barang-barang haram itu yaitu Rp68,03 miliar. "Kami berhasil mengamankan sabu dari 372 kasus ada 645 orang dengan barang bukti 2,31 ton," urainya.

BNN pun, kata Budi, berkoordinasi dengan TNI, Polri, pemerintah, dan DPRD terkait pemberantasan narkotika. "Jadi saat ini tidak ada satu orang pun yang kebal hukum dalam penyalagunaan narkotika," tukasnya.


(RRN)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

1 day Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /