Presiden Korsel dan PM Jepang Akhirnya Duduk Satu Meja

Willy Haryono    •    02 November 2015 10:50 WIB
jepang-korsel
Presiden Korsel dan PM Jepang Akhirnya Duduk Satu Meja
PM Jepang Shinzo Abe (kiri) dan Presiden Korsel Park Geun-hye (kanan) dalam diskusi perbaikan hubungan kedua negara di Seoul, Senin (2/11/2015). (Foto: AFP/SONG KYUNG-SEOK/POOL)

Metrotvnews.com, Seoul: Pemandangan yang sudah lama dinanti banyak pihak, terutama publik Korea Selatan dan Jepang, akhirnya terjadi di Seoul, Senin (2/11/2015).

Presiden Korsel Park Geun-hye dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe duduk satu meja dalam sebuah diskusi, untuk memperbaiki hubungan kedua negara yang terus memburuk atas sejarah kelam di era Perang Dunia II.

Meski pertemuan belum menghasilkan terobosan apapun, namun menjadi penanda penting dari usaha perbaikan hubungan Korsel dan Jepang. 

Park menemui Abe yang baru datang ke istana kepresidenan Rumah Biru dan keduanya berjabat tangan sembari menebar senyum. Pemandangan ini bertolak belakang dari beberapa pertemuan di konferensi internasional lainnya, terutama Park yang selalu enggan tersenyum.

"Ingat, ini adalah pertemuan pertama petinggi kedua negara sejak hampir empat tahun lalu, jadi jangan terlalu menaruh ekspektasi tinggi," ujar Hong Hyun-ik, seorang analis dari Institut Sejong di Seoul, seperti dikutip AFP.

"Hal terpenting adalah menciptakan saluran normal untuk dialog kedua negara, untuk membuka jalan ke level diskusi dan koordinasi selanjutnya," sambung dia. 

Sebelumnya, Presiden Park selalu menolak bertemu PM Abe karena menilai Jepang belum sepenuhnya mengakui kesalahan dan bertobat atas dosa masa lalu. Pada PD II, Jepang menjadikan banyak wanita Korsel sebagai wanita penghibur di kamp prajurit.


(WIL)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /