Berkabung atas 7K9268, Program Hiburan di Rusia Ditiadakan

Willy Haryono    •    02 November 2015 11:36 WIB
pesawat rusia jatuh di mesir
Berkabung atas 7K9268, Program Hiburan di Rusia Ditiadakan
Ribuan warga Rusia berkumpul di Lapangan Saint Petersburg, Minggu (1/11/2015), dalam mengenang korban tewas kecelakaan pesawat Kogalymavia yang jatuh di Sinai, Mesir. (Foto: AFP/OLGA MALTSEVA)

Metrotvnews.com, Moskow: Bendera berkibar setengah tiang di hampir seantero Rusia di tengah hari berkabung nasional, Minggu (1/11/2015), atas jatuhnya pesawat maskapai Kogalymavia di Sinai, Mesir.

Seluruh program hiburan di televisi ditiadakan, mengikuti saran Presiden Rusia Vladimir Putin, yang mendeklarasikan hari berkabung nasional setelah seluruh penumpang dan kru pesawat dengan nomor penerbangan 7K9268 dinyatakan tewas. 

Ribuan warga Rusia memilih menghabiskan masa berkabung dengan berkumpul di Lapangan Saint Petersburg. Mereka mengheningkan cipta, menaruh karangan bunga, dan melepaskan burung merpati serta balon ke udara. 

"Saya harus datang ke tempat ini," kata Nika Kletskikh, 27, yang kehilangan temannya dalam kecelakaan di Sinai, seperti dikutip AFP. "Sangat menyedihkan saat teringat bahwa dirinya sudah tidak ada lagi di dunia ini."

Pesawat Airbus A321-231 dengan nomor penerbangan 7K9268 jatuh di Mesir dan menewaskan seluruh penumpang yang berjumlah 217 beserta tujuh kru. 

"Di hari berkabung, bendera nasional Rusia akan dikibarkan setengah tiang di seluruh penjuru negara. Institusi budaya dan televisi dan radio disarankan membatalkan acara atau program hiburan. Pemerintah Rusua, bersama otoritas lokal, akan mengambil sejumlah langkah untuk mendukung keluarga korban," lapor kantor kepresidenan Rusia pada Sabtu. 

Tim gabungan mengaku sudah mengevakuasi 168 jasad, termasuk bocah perempuan di area sejauh delapan kilometer dari puing utama. 

"Kami menemukan jasad bocah perempuan sekitar delapan kilometer dari lokasi puing pesawat," ujar dia, dari pangkalan militer El-Hasana. 

Prajurit yang enggan menyebutkan namanya itu menambahkan banyak jasad korban 7K9268 yang kehilangan tangan dan kaki. 

Petinggi Komite Penerbangan Rusia Viktor Sorochenko mengatakan 7K9268 terbelah dua di udara.

Menteri Transportasi Rusia Maksim Sokolov dan Menteri Urusan Darurat Vladimir Puchkov telah tiba di Kairo bersama rombongan pakar penerbangan untuk bergabung dengan otoritas Mesir dalam menganalisis kotak hitam 7K9268. 

Analisis kotak hitam diperlukan untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan. Kelompok militan Islamic State (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat, namun otoritas Mesir membantahnya.


(WIL)


Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate
Timnas Inggris

Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate

3 weeks Ago

Adam Lallana merasa Gareth Southgate sudah melakukan keputusan tepat dengan tidak memanggilnya …

BERITA LAINNYA
Video /