Polres Kendal Bagikan Helm Gratis untuk Anak-anak

Iswahyudi    •    02 November 2015 11:40 WIB
lalu lintas
Polres Kendal Bagikan Helm Gratis untuk Anak-anak
Polisi memasangkan helm untuk anak-anak di Kendal, MTVN - Iswahyudi

Metrotvnews.com, Kendal: Seorang polisi menghentikan pengendara sepeda motor yang melintasi perempatan lampu merah Masjid Agung Kendal, Jawa Tengah. Pengendara kaget. Bukannya menilang, polisi itu malah mengenakan sebuah helm ke anak yang diboncengnya.

"Waduh, saya kaget. Tahunya akan ditilang karena anak tidak mengenakan helm. Eh malah dikasih helm untuk anak saya," kata Herwanto, pengendara motor tersebut, Senin (1/11/2015).

Polisi tak hanya memasangkan helm kepada anak-anak yang membonceng sepeda motor. Polisi juga membagikan bingkisan berisi alat tulis kepada anak-anak.

Kaur Bin Ops Lantas Polres Kendal Iptu Edi Susanto mengatakan kegiatan itu untuk mengajarkan keselamatan berkendara pada anak-anak. Selain itu, kegiatan tersebut juga menekankan pada orangtua bahwa helm mengamankan anak-anak saat berkendara.

"Orangtua kadang menyepelekan keselamatan bagi anak-anaknya saat membonceng kendaraan. Padahal resiko yang didapat jika tidak menggunakan helm keselamatan lebih fatal," kata Edi.

Padahal, helm dapat melindungi kepala anak dari benturan. Kaca di bagian depan pun melindungi angin dan debu yang dapat mengganggu kesehatan mata, hidung, serta mulut anak.


(RRN)