FIFA Minta Sepak Bola Indonesia Tidak Dipolitisasi

Kautsar Halim    •    02 November 2015 15:05 WIB
pssi dibekukan
FIFA Minta Sepak Bola Indonesia Tidak Dipolitisasi
Para perwakilan FIFA dan AFC mendatangi Kantor PSSI (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perwakilan FIFA dan AFC menemui pejabat PSSI di Jakarta. Menurut Wakil Ketua Umum PSSI Hinca Pandjaitan mereka meminta sepakbola Indonesia tidak dikotori politik.

Para perwakilan FIFA melakukan agenda pertamanya dengan mengunjungi PSSI, Senin 2 November. Mereka yang berjumlah enam orang disambut hangat para pejabat PSSI dan sempat menggelar pertemuan yang berlangsung lebih dari satu jam.

Hinca yang hadir dalam pertemuan tersebut yakin bahwa FIFA tak ingin berlama-lama memberikan sanksi kepada Indonesia. Ia mengklaim FIFA siap mencabut sanksi apabila pemerintah yang diwakili Kemenpora tidak ikut campur berbagai agenda PSSI.

Sepak bola di Indonesia mendapat sanksi diisolasi dari dunia internasional, lantaran dianggap sudah menjadi alat politik.

"FIFA minta pemerintah agar sepak bola jangan dicampuri oleh politik. Intinya FIFA berniat kuat untuk segera menyelesaikan masalah di indonesia. Ini adalah situasi yang baik bagi pemerintah agar segera menyelesaikan kisruh sepakbola di indonesia," ujar Hinca dalam jumpa pers seusai pertemuan dengan delegasi FIFA di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Senin (2/11/2015).

Kisruh sepak bola Indonesia sudah berlangsung dalam beberapa bulan belakangan ini. Penyebabnya, antara PSSI dan Kemenpora tidak sejalan ketika sama-sama ingin memajukan sepak bola Indonesia. Salah satu imbasnya, FIFA pun mengucilkan Indonesia dari berbagai ajang sepak bola internasional.


(ACF)