Asia Pacific Downhill Challenge 2015

APDHC 2015, Bukti Keseriusan Indonesia Gelar Kejuaraan Berskala Besar

Hilman Haris    •    02 November 2015 19:21 WIB
olahraga
APDHC 2015, Bukti Keseriusan Indonesia Gelar Kejuaraan Berskala Besar
APDHC 2015 diikuti oleh pembalap-pembalap top se-Asia Pasific

Metrotvnews.com, Klungkung: Ada yang berbeda di Kejuaraan Asia Pasific Downhill Challenge (APDHC) dalam rangka United Bicycle Day ke-9 di Klungkung, Bukit Tengah, Bali, 30 Oktober – 1 November 2015. Tak seperti gelaran tahun sebelumnya, APDHC tahun ini diikuti sederet pembalap top dunia dan tercatat dalam ajang resmi Asosiasi Sepeda Internasional (Union Cycliste Internationale).

Sebanyak 185 pembalap dari 30 negara ikut serta pada APDHC 2015 ini. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun lalu yang hanya diikuti pembalap dari 24 negara. Ke-185 pembalap tersebut antusias terlibat dalam perlombaan, lantaran status APDHC yang telah masuk kalender UCI dijadikan ladang meraup poin untuk tampil di Kejuaraan Dunia Downhill 2016.

“Pihak penyelenggara terlihat serius menjadikan APDHC sebagai salah satu kejuaraan dunia downhill. Dengan alasan itu, ajang ini akhirnya dimasukkan ke dalam agenda resmi UCI. APDHC digarap secara brilian dan terorganisasi dengan baik,” kata Komisaris UCI Dereck McCarthy yang ditemui Metrotvnews.com di sela-sela kunjungannya ke APDHC 2015.

“APDHC selalu diikuti oleh pembalap-pembalap hebat. Terutama pada gelaran tahun ini. Jumlah peserta sangat banyak. Tambah menyenangkan karena APDHC 2015 digelar di trek yang cukup bagus,” tambah McCarthy.

Trek di Klungkung, Bukit Tengah, Bali, memang memberikan sensasi berbeda kepada para pembalap. Lantaran kondisi tanah berbatu dan kering, kondisi trek selalu berubah tiap kali dilewati pembalap.

“Pembalap senang karena tiap kali pembalap turun trek selalu berubah. Biasanya pembalap hanya latihan dua sampai tiga kali untuk memahami kondisi trek jika tampil di tempat lain. Di sini berbeda. Pembalap mungkin akan mendapatkan hasil bagus pada latihan pertama. Namun belum tentu mereka mendapatkan hasil serupa ketika race sesungguhnya,” ujar Andre Palmer selaku Race Director APDHC 2015.

Jagoan Indonesia Fitriyanti Riyanti yang tampil untuk tim Patrol Mountai JFC akhirnya sukses menjadi juara di kelas Women Elite APDHC 2015. Sedangkan rekannya, Popo Ario Sejati menempati peringkat keenam ketika bertarung di kelas Men Elite.


(RIZ)


Video /