Asia Pacific Downhill Challenge 2015

Usia Belia Tak Menghalangi Cibenk Mengharumkan Indonesia di APHDC 2015

Hilman Haris    •    02 November 2015 19:39 WIB
olahraga
Usia Belia Tak Menghalangi Cibenk Mengharumkan Indonesia di APHDC 2015
Cibenk menjadi andalan Indonesia di olahraga balap sepeda downhill

Metrotvnews.com, Klungkung: Usia Fitriyanti Riyanti memang baru 24 tahun. Namun jangan ragukan prestasinya sebagai pembalap sepeda downhill. Teranyar, Fitrinyanti yang biasa disapa Cibenk itu sukses mengharumkan nama Indonesia, setelah juara di Kejuaran Asia Pasific Downhill 2015 (APHDC ) kelas Women Elite, 1 November 2015.

Cibenk yang memperkuat tim Patrol Mountain FJC sukses menempati podium pertama usai mencatatkan waktu 3 menit 5,861 detik. Ia berhasil mengalahkan dua jagoan Thailand, Vipavee Deekaballes dan Sattayanun Abdulkareen dengan selisih waktu hingga 3,368 serta 7,316 detik.

Keberhasilan meraih gelar juara di APDHC 2015 merupakan buah dari kerja keras Cibenk setahun terakhir. Agar bisa menikmati manisnya berdiri di podium pertama, Cibenk terus mengasah kemampuannya dan mempertajam catatan waktu ketika melibas bukit-bukit dengan tingkat turunan ekstrem. Khusus untuk APDHC 2015, ia sudah menjajal trek secara intesif sejak satu pekan sebelum lomba digelar.

“Saya sudah melakukan persiapan dengan matang. Sangat menyenangkan semua kerja keras saya terbayar dengan gelar juara,” girang pembalap yang menempati peringkat kedua pada APDGC 2014.

Akan tetapi, kerja keras hanya salah satu faktor yang membuat Cibenk menuai kesuksesan. Menurutnya, kecintaan terhadap olahraga sepeda terutama downhill juga membuatnya selalu termotivasi untuk meraih hasil terbaik.

“Saya sudah jatuh cinta dengan olahraga sepeda sejak kecil. Lalu memutuskan untuk menekuninya secara serius sejak usia 13 tahun. Awalnya saya tampil di kategori sepeda BMX. Tampil di kategori downhill sejak 2008. Tepatnya ketika membela kontingen Jawa Timur di PON 2008 Kalimantan Timur. Saya langsung menjadi juara pada saat itu,” kenang Cibenk.

Tiga tahun setelah itu, Cibenk kembali mencatatkan tinta emas dalam kariernya. Kali ini Cibenk membawa harum nama Indonesia di dunia internasional, yaitu di ajang SEA Games 2011. Di usianya yang baru menginjak 20 tahun, Cibenk sukses mempersembahkan medali perak untuk kontingen sepeda Indonesia.

Kini, Cibenk sedang mempersiapkan diri untuk tampil di Kejuaraan Dunia Downhill 2016. Berbekal kerja keras dan kecintaan terhadap olahraga sepeda, rasanya Cibenk punya potensi untuk kembali mengharumkan nama Indonesia.  



(RIZ)


Video /