Realisasi Belanja Modal Baru 27,8%, Menko Darmin Yakin Akan Diborong di November & Desember

Suci Sedya Utami    •    02 November 2015 22:20 WIB
belanja negara
Realisasi Belanja Modal Baru 27,8%, Menko Darmin Yakin Akan Diborong di November & Desember
Menko Perekonomian Darmin Nasution. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Metrotvnews.com, Jakarta: Realisasi belanja modal atau belanja infrastruktur hingga akhir September tercatat baru mencapai 27,8 persen atau Rp76,8 triliun dari target dalam APBNP 2015 sebesar Rp275,8 triliun.

Menanggapi hal tersebut, Menko Perekonomian RI Darmin Nasution mengatakan jika dilihat berdasarkan tren yang berjalan selama ini, biasanya pencairan anggaran belanja akan menumpuk di akhir tahun, atau pick-nya akan berada di dua bulan terakhir November dan Desember.

"Kalau lihat perkembangan anggaran memang keluarnya November dan Desember. Berdasarkan pengalaman saya menjadi Dirjen Pajak, dia akan tinggi sekali naiknua pada bulan-bulan tersebut. Pati itu, saya lihat dari dulu," kata Darmin di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (2/11/2015).

Dirinya mengakui pada tahun ini terjadi penyerapan yang lebih lama dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pemerintah belum bisa menyerap dan melakukan tender karena harus menyelesaikan perubahan nomenklatur atau strukturisasi kelembagaan. Misalnya saja Kementerian Pekerjaan Umum yang digabung dengan Kementerian Perumahan Rakyat menjadi Kementerian PU-PR.

Jebolan ekonomi UI ini menambahkan perubahan nomenklatur tidak akan menjadi alasan lagi dalam penyerapan anggaran.

"Tadi rapat sidang kabinet, yang pertama dibicarakan tidak  ada lagi asalan nantinya seperti tahun ini, masih pakai alasan karena perlu  perubahan nomenklatur.  Jadi sudah harus mulai  sejak  Januari. Ya memang mestinya  bisa lebih cepat. Tapi seberapa cepat saya tidak  tahu.  Mari  kita liat," jelasnya.





(SAW)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

2 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /