Indonesia-India, Mitra Strategis dan Soulmate Sejati

Willy Haryono    •    03 November 2015 10:28 WIB
indonesia-india
Indonesia-India, Mitra Strategis dan <i>Soulmate</i> Sejati
Wapres India Hamid Ansari (kanan) dalam diskusi terbuka di Hotel Shangrila, Jakarta, Senin (2/11/2015) malam. (Foto: MTVN/Nabila Gita)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hubungan erat Indonesia dan India sudah terjalin sejak ratusan tahun lalu. Kedua negara tak hanya bersahabat, namun telah menjadi belahan jiwa atau soulmate. 

Hal itu diungkapkan Wakil Presiden India Mohammad Hamid Ansari saat bertandang ke Jakarta, Senin (2/11/15) malam.

Wakil Presiden Ansari menyelipkan puisi dari seniman India, Rabindranath Tagore yang berjudul 'To Java,' dalam pidatonya saat acara Diskusi Terbuka yang diadakan di Hotel Shangrila, Jakarta Pusat.

"Tak ada yang bisa menginterpretasikan hubungan alami antara India dan Indonesia selain Rabindranath Tagore, yang mengunjungi kepulauan Indonesia di tahun 1927, dan saat itu ia membuat puisinya yang terkenal dengan judul 'To Java'," ujar Wapres Ansari.

Wapres Ansari berkunjung ke Indonesia dari 1-4 November 2015. Kunjungan ini bertujuan mempererat hubungan kedua negara serta memperluas dan memperdalam kerja sama di beberapa bidang, terutama sektor energi dan ekonomi.

Perluasan kerja sama terlihat dari penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) mengenai pengembangan energi terbarukan dan pertukaran budaya. Delegasi India yang mengikutsertakan beberapa anggota parlemennya juga akan berkunjung ke Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk mempelajari demokrasi di Indonesia. (Nabila Gita)


(WIL)