Jebol iPhone Terbaru, Hacker Dapat Hadiah Rp13 M

Insaf Albert Tarigan    •    03 November 2015 10:43 WIB
ios
Jebol iPhone Terbaru, Hacker Dapat Hadiah Rp13 M
iPhone 6S sudah menjalankan iOS 9

Metrotvnews.com: Seorang hacker mendapat hadiah USD1 juta atau sekira Rp13 miliar karena berhasil menemukan celah keamanan pada iOS 9, sistem operasi yang memulai debut pada iPhone 6S. Kontes untuk menjebol iOS 9 ini digelar Zerodium, sebuah perusahaan rintisan digital yang fokus pada keamanan software pada September lalu.

Mereka menantang hacker dari seluruh dunia untuk membobol iOS 9 melalui browser, tanpa memerlukan kontak fisik dengan perangkat iPhone. Kontes ini berlaku hingga 31 Oktober 2015.

Zerodium meminta hacker menemukan celah keamanan iOS 9 melalui Safari atau Chrome atau bisa juga melalui SMS atau MMS. Celah keamanan itu harus bisa memungkinkan Zerodium untuk memasang aplikasi apa pun yang mereka mau.

Pada pertengahan Oktober lalu, pendiri Zerodium, Chaouki Bekrar, mengatakan kepada Motherboard bahwa dia telah berkomunikasi dengan dua tim hacker berbeda, yang bekerja secara independen. Keduanya belum berhasil membobol iOS 9.

"Membuat jailbreak bisa dipicu dari jarak jauh melalui Safari atau Chrome membutuhkan setidaknya dua atau tiga exploit tambahan dibandingkan dengan jailbreak lokal," kata Bekrar.

Namun, dalam perjalanan selanjutnya, akhirnya sebuah tim berhasil melakukannya, beberapa jam sebelum kontes tersebut berakhir.

 


Bekrar menjelaskan, tim tersebut menemukan sejumlah kerentanan dalam Chrome dan iOS untuk mengakali seluruh kontrol keamanan yang ditetapkan Apple dan akhirnya bisa men-jailbreak iOS dari jarak jauh. Sebagai informasi, belum pernah ada orang yang berhasil menjebol iOS dari jarak jauh sejak iOS 7.


(ABE)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /