Suhu di Jatim Sangat Panas, Pj Kepala Daerah Diminta Awasi Hutan

Amaluddin    •    03 November 2015 11:14 WIB
kebakaran hutan
Suhu di Jatim Sangat Panas, Pj Kepala Daerah Diminta Awasi Hutan
Ilustrasi kebakaran hutan, Ant

Metrotvnews.com, Surabaya: Penjabat (Pj) kepala daerah di Jawa Timur (Jatim) diminta meningkatkan koordinasi terkait kebakaran hutan di kawasan gunung di wilayah masing-masing. Permintaan itu disampaikan Gubernur Jatim Soekarwo alias Pakde Karwo setelah pelantikan tiga Pj kepala daerah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin 2 November 2015.

"Saya sudah mengingatkan 16 penjabat bupati/ wali kota untuk melarang siapa saja yang ingin mendaki dan masuk hutan," kaya Pakde Karwo.

Pakde Karwo mengaku mendapat laporan suhu sangat panas terjadi di wilayah Jatim yaitu 42 derajat Celcius. Suhu panas disertai dengan angin kencang dapat memunculkan titik api di sejumlah lokasi, termasuk hutan.

"Selain itu, kebakaran di hutan atau di gunung juga disebabkan lantaran pendaki menyalakan api unggun dan tidak memadamkannya. Intinya, kebakaran sebagian besar disebabkan karena ulah manusia itu sendiri," katanya.

Kebakaran lahan di Jatim menewaskan 12 orang. Delapan di antaranya tewas saat kebakaran menghanguskan lahan hutan di Gunung Lawu. Empat lainnya tewas dalam kebakaran lahan di Ponorogo.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim mengaku mengalami kerugian materiil Rp800 juta selama empat bulan dalam peristiwa tersebut. "Kebakaran hutan di berbagai daerah di Jatim juga merusak sekitar 498,9 hektare," pungkas Pakde Karwo.


(RRN)


<i>Jersey</i> Prancis Masih Laris di Moskow

Jersey Prancis Masih Laris di Moskow

1 day Ago

Perhelatan Piala Dunia 2018 Rusia telah usai, namun tidak membuat Kota Moskow sepi. Kawasan suv…

BERITA LAINNYA
Video /