Pemprov Banten Bantu 29 Rumah Tak Layak Huni di Tangerang

Antara    •    03 November 2015 11:17 WIB
bantuan
Pemprov Banten Bantu 29 Rumah Tak Layak Huni di Tangerang
Foto: Ilustrasi rumah tidak layak huni/MI_Benny Bastiandy

Metrotvnews.com, Serang: Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Sosial memberikan bantuan kepada penghuni 29 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Banten. Masing-masing RTLH menerima bantuan sebesar Rp15 juta.

"Bantuan tersebut secara simbolis sudah diberikan oleh Gubernur Banten Rano Karno usai menghadiri Pesta Laut Nadran di Desa Surya Bahari, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Minggu 1 November. Masing-masing penerima RTLH mendapat dana sebesar Rp15 juta," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nandy Mulya di Serang, Banten, Selasa (3/11/2015).

Ia mengatakan, bantuan RTLH diberikan setelah melalui proses verifikasi terhadap calon penerima bantuan. Di antaranya terkait kepemilikan lahan, surat tanah, dan bukti kepemilikan sah.

"Apabila rumah berada di bantaran rel atau sungai yang belum jelas kepemilikan tanahnya, tidak akan tercakup dalam bantuan RTLH," kata Nandy.

Selain bantuan RTLH, Dinas Sosial Banten juga memberikan bingkisan alat tulis kepada 200 anak nelayan, bantuan kursi roda untuk 3 orang penyandang disabilitas, khitanan massal, layanan pengobatan gratis, dan bantuan Sertifikasi Hak atas Tanah (SHAT) lintas sektor untuk usaha mikro dan kecil menengah (UMKM) pada 100 UMKM.

"Penerima bantuan RTLH merupakan berkat koordinasi dengan TKSK setempat," kata dia.

Dinas Sosial Banten berharap, bantuan-bantuan itu dapat menstimulan Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) untuk lebih mandiri. Di antaranya dengan menjadi bagian dari UMKM.


(TTD)


Video /