Lahir Hanya dengan Batang Otak, Anak Ini Bisa Bicara

   •    03 November 2015 11:29 WIB
kesehatankisah inspiratif
Lahir Hanya dengan Batang Otak, Anak Ini Bisa Bicara
Emma Muray & Aaron. (Foto:Mirror.co.uk)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mendengar anak berbicara untuk kali pertama adalah salah satu momen penting yang tidak bisa dilupakan para ibu. Namun, Emma Murray benar-benar merasa takjub ketika anak bungsunya, Aaron, berbicara.

Sebab, Aaron lahir dengan hanya memiliki batang otak. Para medis menyebutkan itu adalah kondisi holoprosencephaly.

Holoprosencephaly merupakan suatu kondisi kesehatan yang langka terjadi di mana otak tidak terbentuk dengan baik ketika kehamilan. Kondisi ini dapat ringan ataupun berat. Namun dalam kebanyakan kasus, bayi yang mengalami ini cenderung meninggal sebelum lahir.

"Aaron bertahan hingga kini karena batang otak masih mampu melakukan fungsi seperti kontrol pernapasan, menjaga organ serta membentuk hati," ujar Jill Yaz, dari Asosiasi untuk Spina Bifidia dan Hydrocephalus (SHINE).

Aaron lahir pada Maret 2013 silam. Emma menceritakan bahwa ia tidak mengetahui dirinya hamil sampai wanita ini melahirkan Aaron.

"Berat badan saya normal. Saya sehat, tetap menstruasi serta tidak mengidam. Itu mengapa saya tidak tahu kalau sedang hamil," ujarnya.

Aaron lahir dengan kepala yang begitu besar. Ketika melakukan scan, dokter mengungkapkan bahwa otak bayi ini tidak terbentuk dengan baik sehingga perlu perawatan yang lebih intensif.

"Saya sangat shock dan begitu terpukul. Bayiku terhubung dengan setiap mesin dan ada topi di atas kepalanya. Aku sangat khawatir," lanjutnya.

Setelah melakukan pemeriksaan keseluruhan para dokter mengatakan bahwa batang otak Aaron telah dikembangkan sehingga organ internalnya dapat bekerja, dia bisa bernapas, melihat dan mendengar.

Namun, enam minggu yang lalu, saat Emma bermain dengan Aaron dan mengajarinya berkata "mommy", sang anak langsung meresponnya dengan cepat dengan mengatakan hal yang sama. "Saya menatapnya kaget. Dia tertawa kemudian berkata mommy. Ini benar-benar luar biasa," kata Emma dengan bangga.

Sejak itu juga, Aaron juga sudah bisa berkata "hallo" berkali-kali. Tentu ini kemajuan yang luar biasa, mengingat dokter dulu sempat menganggap Aaron tidak dapat bertahan hidup dengan kondisi langka yang diidapnya. (Sumarni/ Mirror)


(LOV)


Video /