AS Tegaskan akan Tetap Berlayar di Laut China Selatan

Willy Haryono    •    03 November 2015 11:51 WIB
laut china selatan
AS Tegaskan akan Tetap Berlayar di Laut China Selatan
Kapal perang tipe destroyer milik militer AS, USS Lassen. (Foto: AFP/MC1 Martin Wright/US NAVY)

Metrotvnews.com, Beijing: Amerika Serikat akan meneruskan operasi di semua tempat dalam koridor hukum internasional, termasuk di Laut China Selatan, ucap seorang admiral di Beijing, Tiongkok, Selasa (3/11/2015).

Pernyataan terlontar sepekan setelah kapal perang AS berlayar di dekat pulau buatan Tiongkok yang dibangun di Laut China Selatan. Aksi AS itu membuat China geram.

"Perairan dan zona udara internasional milik semua orang, dan bukan didominasi negara tertentu," kata Admiral Harry Harris dalam pidato di Pusat Stanford di Universitas Peking

"Militer kami akan terus terbang, berlayar dan beroperasi di mana pun dan kapan pun dalam koridor hukum internasional. Laut China Selatan bukan -- dan tidak akan -- menjadi pengecualian," sambung dia, seperti dikutip AFP.

Kapal perang jenis destroyer dikirim AS ke sekitar 12 mil laut dari pulau yang merupakan hasil reklamasi Tiongkok. Ini merupakan tantangan bagi klaim teritorial di wilayah itu.

Menurut seorang pejabat Kementerian Pertahanan AS, USS Lassen berlayar di dekat gugusan karang Subi dan Mischief di wilayah Spratly. Operasinya sudah dimulai dan akan selesai dalam waktu beberapa jam mendatang.

Misi ini dianggap sebagai awal dari upaya untuk menantang klaim teritorial Tiongkok di Laut China Selatan. AS tidak memiliki klaim dari wilayah itu, tetapi Filipina sekutu terdekat AS selama ini saling bersitegang dengan Tiongkok terkait laut yang jalur pelayarannya sibuk ini.

Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi memperingatkan agar AS tidak membuat masalah di Laut China Selatan. "Kami sarankan AS untuk berpikir sebelum bertindak. Kami desak AS tidak bertindak yang memicu terjadinya masalah," kata dia.



(WIL)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

1 day Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /