Dilintasi Truk Sampah DKI, Warga Cileungsi Minta Kompensasi

Achmad Zulfikar Fazli    •    03 November 2015 11:56 WIB
sampah jakarta
Dilintasi Truk Sampah DKI, Warga Cileungsi Minta Kompensasi
Spanduk Warga Tolak Truk Sampah DKI--Metrotvnews.com/Achmad Zulfikar Fazli

Metrotvnews.com, Bogor: Warga dan ormas bakal menghalau truk sampah dari DKI di Cileungsi, sampai adanya solusi yang diberikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sebagian menuntut pemberian kompensasi dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR).

Warga Cileungsi, Harini Ibeng mengatakan selama ini warga Cileungsi hanya menerima dampak buruk dari truk sampah DKI yang melintas, seperti jalanan rusak dan bau menyengat.

"Truk sampah ini melintas di Cileungsi, Apakah ada CSR-nya? Seperti apa? Karena dampaknya sudah lama juga. Kami yang dilintasi seharusnya dapat (CSR-nya) untuk melintas ke Bantar Gebang. Tapi ini kita hanya dilintasi saja," kata Harini kepada Metrotvnews.com di Jalan Raya Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/11/2015).

Menurut dia, Pemprov DKI seharusnya memberikan sedikit dana CSR kepada warga Cileungsi untuk mengatasi dampak yang ditimbulkan atas melintasnya truk sampah tersebut. Dana tersebut, kata dia, nanti dapat digunakan untuk memperbaiki jalan yang rusak akibat truk sampah yang melintas setiap hari di Cileungsi.

"Sejauh ini apa sih yang diberikan Pemprov DKI dengan lingkungan yang dilalui truk sampahnya? Sudah jalan (di Cileungsi) macet ditambah lagi dengan mobil truk sampah yang melintas setiap hari," tukas dia.

Sementara itu, Haji Amsor tidak ingin hanya sekedar kompensasi yang diterima dari Pemprov DKI. Namun, ia ingin adanya aturan yang jelas. Oleh karena itu, ia ingin segera adanya pertemuan dengan perwakilan Pemprov DKI untuk membahas dan mencarikan solusi dari keluhan warga ini. "Aksi (penolakan) ini seterusnya sampai ada penyelesaian," tegas dia.

Berdasarkan pantauan Metrotvnews.com, sejumlah warga dan ormas dengan baju khasnya loreng orange-hitam berjaga di Jalan Raya Cileungsi tepatnya di under pass Cileungsi. Sejumlah ormas dan warga terus memantau dan berjaga untuk mencegah adanya truk sampah yang melintas.

Dua buah kain lebar bertuliskan penolakan terhadap truk sampah dari DKI pun terbentang di pinggir jalan. Selain tulisan, kain tersebut pun dipenuhi dengan tanda tangan dari warga Cileungsi yang mendukung penolakan tersebut.


(YDH)


Video /