Angkot 08 Bandung Mulai Beroperasi, Pengojek Protes

Octavianus Dwi Sutrisno    •    03 November 2015 15:59 WIB
angkutan umum
Angkot 08 Bandung Mulai Beroperasi, Pengojek Protes
Foto: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meresmikan trayek angkot 08 jurusan Cicaheum-Leuwipanjang, Kota Bandung, Jawa Barat/MTVN_Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Peresmian operasional trayek angkutan kota (angkot) 08 jurusan Cicaheum-Leuwipanjang, Kota Bandung, Jawa Barat, menuai protes. Aksi penolakan terhadap pengganti angkot 05 tujuan jurusan Cicaheum-Cibaduyut, itu datang dari ojek pangkalan.

Pantauan Metrotvnews.com, aksi penolakan itu dimulai tak lama usai Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meresmikan trayek angkot 08 di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Selasa 3 November. Pengojek khawatir penghasilan mereka menurun drastis sebab trayek angkot 08 melewati jalur mereka.

Wangsa, 47, pengojek di Cicaheum, mengatakan, angkot 08 ini akan melewati 12 pangkalan ojek mulai dari jalan masuk terusan Jakarta hingga Terminal Cicaheum. Dengan demikian, calon penumpang ojek pasti berkurang.

"Rute ini sebaiknya diubah. Bisa dibelokkan ke Jalan Jakarta atau Jalan Ahmad Yani," kata Wangsa kepada wartawan di Terminal Cicaheum, Jalan A H Nasution, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (3/11/2015).

Wangsa mengaku kaget dengan peresmian trayek angkot 08 itu. Menurut dia, tidak ada sosialisasi dari Pemerintah Kota Bandung maupun Dinas Perhubungan kepada ojek yang ada di rute angkot 08 itu.

"Kami belum dapat imbauan atau sosialisasi dari Dishub atau bidang mana pun. Tentu saja dengan adanya angkot ini penumpang ojek akan berkurang," kata dia.

Selain itu, pengojek minta solusi dari Dishub maupun Pemkot Bandung. Sebab, pengojek takut kehilangan penghasilan mereka.

"Kami minta jalan keluarnya dialihkan atau bagaimana baiknya," pungkas dia.

Trayek angkot 08 ini melewati sejumlah ruas jalan yang banyak pangkalan ojek. Dimulai dari Cicaheum, Kompleks Setra Dago, Terusan Jalan Jakarta, Kiaracondong, Jalan Soekarno-Hatta, dan terakhir di Leuwipanjang.


(TTD)


Video /