Presiden Mesir: Klaim ISIS atas 7K9268 Hanya Propaganda

Willy Haryono    •    03 November 2015 16:23 WIB
pesawat rusia jatuh di mesir
Presiden Mesir: Klaim ISIS atas 7K9268 Hanya Propaganda
Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi dalam sebuah acara di Bahrain, 30 Oktober 2015. (Foto: AFP/MOHAMMED AL-SHAIKH)

Metrotvnews.com, Kairo: Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi mementahkan klaim kelompok militan Islamic State (ISIS) yang mengaku menjatuhkan pesawat Rusia di Semenanjung Sinai, Mesir. 

Komentar Sisi dilontarkan setelah seorang pejabat intelijen Amerika Serikat menyebut ISIS "kemungkinan besar tidak terlibat" dalam tragedi di Sinai. 

"Saat ada propaganda bahwa tragedi tersebut disebabkan ISIS, maka itu adalah salah satu cara merusak stabilitas, keamanan dan citra Mesir," ujar Sisi kepada BBC, Senin (2/11/2015). 

"Percaya kepadaku, situasi di Sinai -- terutama di area terbatas (lokasi kecelakaan) -- berada di bawah kekuasaan kami," sambung dia. 

Pemerintah Mesir dan Rusia sama-sama membantah klaim kelompok militan Islamic State (ISIS), yang mengaku menjatuhkan 7K9268. Pesawat jatuh 23 menit usai lepas landas dari Sharm el-Sheikh, dalam perjalanan menuju Saint Petersburg, Rusia. 

"Kami belum mempunyai bukti langsung yang mengarah pada keterlibatan teroris," kata Direktur Intelijen Nasional AS James Clapper. 

Pesawat maskapai Kogalymavia atau Metrojet dengan nomor penerbangan 7K9268 jatuh di Sinai, Mesir, dan menewaskan seluruh penumpang yang berjumlah 217 beserta tujuh kru pada Sabtu kemarin. Pesawat jatuh 23 menit usai lepas landas dari Sharm el-Sheikh menuju Saint Petersburg. Sebagian besar penumpang berasal dari Rusia.

Jurgen Whyte, kepala inspektur Unit Investigasi Kecelakaan Udara Irlandia (AAIU), menyebut analisis kotak hitam pesawat 7K9268 akan selesai dalam beberapa hari ke depan.


(WIL)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /