Kenali Gejala Anak Autisme

   •    03 November 2015 16:29 WIB
kesehatan anak
Kenali Gejala Anak Autisme
Anak dengan autisme tak punya empati. (foto:sheknows.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Autisme atau yang dikenal sebagai Autism Spectrum Disorder merupakan gangguan kurangnya komunikasi, interaksi sosial dan perilaku berulang pada anak-anak. Gejala yang ditemukan dapat bervariasi, ada yang kurangnya konsentrasi berbicara atau lebih ekstrem lagi kehilangan seni bicara.  

Autisme adalah gangguan neurologis yang mempengaruhi fungsi normal otak. Selain komunikasi verbal, pengidap autisme juga memiliki masalah komunikasi non-verbal.

Kondisi autisme tidak boleh dianggap sepele. Anda perlu mengetahui gejalanya sedini mungkin agar dapat segera ditangani oleh terapis bicara. Dan berikut gejala umum yang bisa menyerang penderita autisme.

1. Tidak punya keterampilan sosial
Seorang anak dengan autisme mungkin merasa canggung secara sosial. Ia mungkin tiba-tiba merasa tersinggung, tanpa alasan yang kuat. Dalam beberapa kasus ekstrem, pengidap autisme tidak tertarik untuk berbicara dengan orang lain sama sekali. 

2. Tidak memiliki empati
Penderita autisme akan merasa sangat sulit untuk memahami perasaan orang lain. Ia akan gagal untuk memberikan idenya.

3. Menghindari kontak fisik
Autisme juga cenderung menghindari sentuhan seperti dipeluk. Seorang anak dengan autisme akan bereaksi dengan kerasa saat kontak fisik terjadi.

4, Menunjukkan perilaku terisolasi
Autisme yang begitu parah bahkan dapat mempengaruhi hubungan antara ibu dan anak. Mereka yang menderita ini gagal menunujukkan tingkat ikatan dengan orangtuanya. Biasanya mudah terbaca lewat ekspresi wajah dan interaksi sosial mereka. Umumnya, anak dengan autisme gemar menyendiri.

Perlu Anda ketahui, anak dengan autisme juga memiliki perasaan seperti hal orang lainnya. Bedanya mereka tidak ekspresif memunculkan perasaan mereka. Pengidap autisme perlu perhatian dan perawatan yang ekstra agar dapat beraktivitas secara normal. (Sumarni/ Timesofindia)


(LOV)


Video /