Jumlah Pengangguran di Jatim Naik 4,32 Persen pada 2015

Amaluddin    •    03 November 2015 17:26 WIB
tenaga kerja
Jumlah Pengangguran di Jatim Naik 4,32 Persen pada 2015
Pencari kerja mendatangi bursa kerja yang berlangsung di Kediri, Ant - Prasetia Fauzani

Metrotvnews.com, Surabaya: Jumlah pengangguran di Jawa Timur (Jatim) tahun 2015 naik 4,32 persen dibanding tahun 2014. Hingga Oktober 2015, jumlah pengangguran di Jatim mencapai 892 ribu orang. Sementara tahun 2014, jumlah pengangguran sebanyak 843 ribu orang.

"Jumlah ini belum ditambah jumlah lulusan SI dan lulusan SMK/SMA yang baru lulus bulan Februari 2015 lalu," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Kependudukan (Kadisnakertransduk) Propinsi Jawa Timur, Sukardo, Selasa (3/11/2015).

Sukardo memprediksi jumlah total pengangguran di Jatim menyentuh angka 1 juta orang di akhir tahun. Sebagian besar, pengangguran berasal dari kalangan lulusan SMA/setingkat yang ingin melanjutkan kuliah tapi tak memiliki biaya.

"Sebagian lagi lulusan SI yang belum bekerja. Untuk jumlah masing-masing saya tidak ingat," katanya.

Lantaran itu, Sukardo mengajak kalangan pengangguran yang memiliki keterampilan untuk memanfaatkan program pemerintah yang menyediakan kredit modal usaha dengan bunga murah.

"Bagi yang belum memiliki keterampilan, Pemprov akan memberikan pelatihan," ungkapnya.

Sebelumnya, Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan Pemprov menyediakan dana Rp400 miliar sebagai pinjaman kredit untuk memperkuat usaha kecil dan menengah (UMKM). Setelah mendaftar, masing-masing UMKM mendapat kucuran dana Rp25 juta dengan bunga kredit sebesar 10 persen.


(RRN)


Kiper Cardiff City Bicara Target Filipina kontra Timor Leste
Jelang Timor Leste vs Filipina

Kiper Cardiff City Bicara Target Filipina kontra Timor Leste

3 hours Ago

Di atas kertas, The Azkals diperkirakan mampu mengatasi perlawanan Timor Leste.…

BERITA LAINNYA
Video /