Liga Champion 2015--2016

Jumpa Bate Borisov, 30 Ribu Bendera Catalonia akan Dikibarkan

Rendy Renuki H    •    04 November 2015 08:36 WIB
liga championsbarcelona
Jumpa Bate Borisov, 30 Ribu Bendera Catalonia akan Dikibarkan
Para suporter Barcelona yang mengibarkan bendera Catalonia (Foto: istimewa/the guardian)

Metrotvnews.com, Barcelona: Kelompok nasionalis Katalan kabarnya akan mengibarkan 30 ribu bendera kemerdekaan Catalonia saat pertandingan Liga Champions antara Barcelona berjumpa Bate Borisov, Kamis 5 November dini hari nanti. Aksi itu sebagai bentuk protes terhadap denda UEFA atas penggunaan bendera tersebut di pertandingan-pertandingan lain.

"Tidak seorang pun dapat mengatakan kepada kami di mana dan kapan kami, orang-orang Katalan, dapat memperlihatkan simbol-simbol kami," ucap Jordi Sanchez, presiden Majelis Nasional Katalan, organisasi pro kemerdekaan terkait pemisahan Katalan dari Spanyol.

Sebanyak 300 sukarelawan dari beberapa grup pro kemerdekaan akan memberikan bendera kepada para penggemar jelang laga Barcelona pada di Camp Nou. Sebelumnya, UEFA mendenda Azulgrana 40.000 euro akibat ulah suporter yang mengibarkan bendera Catalonia saat Barca menang 2-1 atas Bayer Leverkusen Oktober lalu.

Ini merupakan sanksi kedua Barca yang sebelumnya didenda 30.000 euro atas kasus yang sama saat mengalahkan Juventus di final Liga Champions Mei lalu. Namun, Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu mengancam menyeret UEFA ke pengadilan karena melanggar hak para penggemar klub untuk kebebasan bersuara.

UEFA berpendapat penggunaan bendera-bendera itu melanggar sejumlah peraturan. Diantaranya melarang penggunaan gestur, kata-kata, objek, atau makna-makna lain untuk mentransmisikan pesan apapun yang tidak sesuai untuk ajang olahraga. Pesan tertentu terkait politis, ideologi, relijius, menyerang, atau sikap provokatif.

Gejolak rakyat Katalan yang ingin memisahkan diri dengan pemerintahan Spanyol menghangat belakangan ini. Partai-partai pro kemerdekaan memenangi kursi mayoritas di parlemen Katalan di Barcelona untuk pertama kalinya pada pemilihan umum bulan lalu.

Mereka mengincar untuk meloloskan resolusi di parlemen Katalan pada awal November. Mereka pun akan mengumumkan awal pemisahan diri secara formal dari Spanyol dan formasi untuk membentuk negara republik yang baru dalam waktu 18 bulan. (Ant/AFP) 


(REN)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /