Peristiwa Unik

Bongkar Pasang Ban Dalam Moge, Pemilik Wajib Tahu

Ekawan Raharja    •    05 November 2015 14:31 WIB
peristiwa unik
Bongkar Pasang Ban Dalam Moge, Pemilik Wajib Tahu
Kang JJ bersama BMW R1150GS yang Ia gunakan berkeliling dunia. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Jeffrey Polnaja merupakan salah satu petualang dunia yang berkelana dengan motor. Belasan tahun berkelana membuat dirinya memiliki segudang cerita unik, salah satunya saat ingin menambal ban motor yang dikendarainya.

Saat akan mengakhiri perjalanannya mengelilingi dunia, pria yang akrab disapa Kang JJ ini mengikuti touring menuju kawasan Puncak Bogor. Menjajal rute pulang ke Jakarta, pria ramah tersebut mengalami bocor ban.

"Saya lihat di depan ada tukang tambal ban. Saya bawa ke tempat itu. Saat tukang tambal bannya melihat motor ini, Ia angkat tangan. Malah saya disuruh bongkar sendiri dan menggunakan perkakas miliknya. Rencana mau bersantai, malah harus bongkar sendiri," kisah Kang JJ.

Menurut Kang JJ, tukang tambal bannya merasa tak sanggup melakukan bongkar ban moge, lantaran belum pernah ada kasus seperti itu. Sehingga akhirnya Kang JJ sendiri yang harus membongkar ban dalam motornya.

BMW R1150GS merupakan motor bergaya dual-sport adventure bermesin boxer 1.130 cc. Motor ini sanggup hentakan tenaga 85 daya kuda dengan torsi 102 Nm, disalurkan ke roda melalui transmisi enam percepatan. Berat motor ini sendiri mencapai 229 kilogram.

Pengalaman Kang JJ bisa menjadi pelajaran untuk para pengendara motor gede lainnya. Lantaran tidak semua moge apalagi jenis dua sport adventure memiliki tipe ban tubeless. Selain bisa mengendarai motornya, alangkah lebih baik juga mengenal motor secara teknis dan bisa melakukan perbaikan ringan seperti bongkar pasang ban dalam motor.

Ceritanya tentu akan berbeda jika Kang JJ menggunakan tipe ban tubeless. Lantaran proses penambalan ban tipe tubeless tidak serumit proses tambal ban tube type yang harus dibongkar terlebih dahulu.


(UDA)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

2 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /