Muncul Petisi Agar Pak Raden Dijadikan Pahlawan Budaya

Rosa Anggreati    •    04 November 2015 11:45 WIB
pak raden
Muncul Petisi Agar Pak Raden Dijadikan Pahlawan Budaya
Petisi agar Pak Raden dijadikan Pahlawan Budaya di laman Change.org

Metrotvnews.com, Jakarta: Wafatnya Drs Suyudi alias Pak Raden pada 30 Oktober 2015, mengundang simpati publik. Kini, muncul petisi di laman Change.org menuntut agar Pak Raden dijadikan Pahlawan Budaya.

Berikut petikan isi petisi yang ditujukan kepada Kementerian Sosial itu.

Sepak terjang Drs Suyudi atau lebih dikenal dengan sebutan Pak Raden di dalam karyanya yaitu Serial SI UNYIL telah melegenda.

Beliau melalui serial Si UNYIL berusaha mendidik bangsa dan karenanya beliau pantas untuk diberi gelar PAHLAWAN BUDAYA.

Hal ini juga disampaikan oleh budayawan Jajang C. Noer dalam kalimatnya, "Beliau ini pahlawan budaya karena karya-karyanya bisa mengubah hidup orang banyak."

Mari kita semua dukung beliau menjadi PAHLAWAN BUDAYA.

Berikan yang dukungan Anda semua sebagai bentuk perhatian kepada beliau karena SI UNYIL secara tidak langsung menjadi bagian dari proses tumbuh kita.

#pakradenpahlawanbudaya


Hingga berita ini dimuat, Rabu (4/11/2015), tercatat sudah 16.769 orang yang menandatangani petisi.

Rata-rata mereka yang telah menorehkan tanda tangan pada petisi ini sepakat bahwa Pak Raden melalui tokoh Si Unyil telah menjadi bagian dari pendidikan moral anak-anak Indonesia.

"Pak Raden adalah orang yang sangat berjasa dalam dunia pertelevisian, khususnya acara untuk anak. Bahkan, saya pernah mendengar bahwa beliau tidak menerima royalti sepeser pun dari profesinya ini. Bukankah sangat luar biasa, sekaligus miris. Berkat beliau, saya mengenal indahnya masa kanak-kanak lewat serial 'Si Unyil', ceritanya ringan dan mengangkat tema kehidupan sehari-hari. Sangat jauh bila dibandingkan dengan tontonan televisi masa kini yang sudah jarang menyediakan tontonan yang kayak untuk anak-anak. Oleh sebab itu, saya merasa bersyukur karena sempat merasakan masa-masa itu. Setidaknya, apabila beliau ditetapkan sebagai pahlawan budaya, kita bisa memberikan persembahan terakhir, sekaligus memperkenalkan sosok Pak Raden dan segala jasanya kepada anak cucu kita nanti," ucap Nadia Khairunisa Widyaprasty, tentang alasannya menandatangani petisi.

Drs Suyadi menciptakan Si Unyil pada tahun 1980-an. Si Unyil diciptakan sebagai acara pendidikan untuk anak-anak Indonesia. Dia juga dikenal sebagai Pak Raden dalam acara Unyil.

Kemudian, Si Unyil diformat ulang pada tahun 2000-an agar sesuai dengan format digital sehingga tetap dapat dinikmati anak-anak Indonesia.


(ROS)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /