Soal Sampah, Ahok tak Mau DKI Disandera PT Godang Jaya

LB Ciputri Hutabarat    •    04 November 2015 12:35 WIB
sampah jakarta
Soal Sampah, Ahok tak Mau DKI Disandera PT Godang Jaya
Warga Cileungsi menolak truk sampah DKI Jakarta yang melintas di simpangan Cileungsi. (Foto:MI/Bary Fathahilah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggertak akan mengambil alih pengelolaan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi. Sebab, PT Godang Tua Jaya (GTJ) dinilai gagal mengelola Bantar Gebang.
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyebutkan PT GTJ sering meminta tipping fee dinaikkan. Namun, hasil audit Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) menunjukkan PT GTJ wanprestasi.
 
"Kalau bayarnya (tipping fee) tiap tahun nambah, prestasinya apa? Nol dia. Nah, kamu mau enggak disandera dia terus? Lebih baik kita ambil alih," kata pria yang akrab disapa Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (4/11/2015).
 
Ahok merasa DKI mampu mengelola sampah. Ia mencontohkan kasus pembenahan sungai yang dilakukan sendiri oleh Pemporv DKI. Padahal, saat itu banyak yang meragukan DKI bisa mengelola sungai.
 
"Sekarang lihat sungai-sungai lebih bersih," ujar dia.
 
Nilai wanprestasi yang dimiliki Pemprov DKI pun diakui Ahok. Dia bilang, kinerja PT GTJ lah yang menyebabkan Pemprov DKI wanprestasi. Sebab, segala kewenangan pengelolaan sudah diserahkan sepenuhnya kepada PT GTJ.
 
Ahok merasa tidak terima dan ingin mengambil alih pengelolaan Bantar Gebang. Sehingga, menurut Ahok, kalaupun Pemprov DKI dituding wanprestasi, itu memang hasil kinerja dari Pemprov DKI.
 
"Kalau nanti saya ambil alih, Bekasi mau marahin saya, mau apa, ya saya akan hadapi. Tapi jelas, saya yang kerja, kalau ini kan enggak. Duit dia (PT GTJ) yang dapat, terus Bekasi juga enggak dapat, cuma masyarakat Bekasi tanda kutip yang dapat," ujarnya.
 


(FZN)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /