Jutaan Jemaah Menunggu, SDA Bagikan Kuota Haji ke Instansi

Meilikhah    •    04 November 2015 13:26 WIB
suryadharma ali
Jutaan Jemaah Menunggu, SDA Bagikan Kuota Haji ke Instansi
Suryadharma Ali saat jeda persidangan----MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Suryadharma Ali, Menteri Agama era Susilo Bambang Yudhoyono, membagikan kuota sisa ke sejumlah instansi. Padahal, ada jutaan jemaah yang masih menunggu untuk berhaji.

Menurut mantan Direktur Pelayanan Haji Kementerian Agama, Zaenal Abidin Supi, ada dua jutaan calon jemaah yang masih menunggu saat itu. Secara bersamaan, Kemenag punya 1.600 kursi kosong pada 2010 dan 2.600 kursi kosong pada 2011. Kursi itu tak diberikan kepada calon jemaah haji melainkan kepada sejumlah instansi.

"Sisa-sisa pemanfaatan kuota digunakan anggota DPR Komisi VIII, non Komisi VIII, instansi, TNI/Polri, masyarakat dan lain-lain yang bisa langsung berangkat haji tahun itu juga," kata Zainal saat menjadi saksi dalam sidang lanjutan atas terdakwa Suryadharma Ali di Pengadilan Tipikor, Jalan H.R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (4/10/2015).

Zainal mengatakan bahwa kuota diberikan meski tidak memenuhi syarat yang telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 11 tahun 2010. Pemohon tidak memiliki nomor porsi dan tidak pernah mendaftar sebelumnya namun bisa langsung menunaikan haji menggunakan pemanfaatan sisa kuota haji.

"Dikabulkan. Artinya bukan hanya dalam rangka mendampingi atau menjadi mahram, tidak hanya yang belum berhaji dan di atas 60 tahun, karena memang porsi kuota nasional itu bebas kepada pemohon siapa saja bisa dikabulkan," kata Zaenal.

Proses pembagian kuota kosong itu dilakukan dalam lima hari. Kemenag membagikan kuota tersebut lantaran takut dianggap tidak maksimal dan merugikan negara.

"Jika tak terserap, rumah sudah disewa sesuia jumlah jemaah. Jika tidak habis akan ada penilaian Arab Saudi jadi kami memaksimalkan agar bisa terserap dengan baik," jelas Zaenal.

 


(TII)


Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate
Timnas Inggris

Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate

2 weeks Ago

Adam Lallana merasa Gareth Southgate sudah melakukan keputusan tepat dengan tidak memanggilnya …

BERITA LAINNYA
Video /