Malam Nanti, Truk Sampah DKI Bisa Kembali Lewat Cileungsi

Achmad Zulfikar Fazli    •    04 November 2015 15:40 WIB
sampah jakarta
Malam Nanti, Truk Sampah DKI Bisa Kembali Lewat Cileungsi
Ilustrasi--Truk sampah mengantre giliran membuang sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Sampah Sumur Batu, Bantar Gebang. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak)

Metrotvnews.com, Bogor: Kisruh soal pengadangan truk sampah DKI akhirnya menemui jalan terang. Warga Cileungsi bersama anggota DPRD Kabupaten Bogor, bersepakat tidak akan lagi adang mengadang truk sampah DKI.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ade Ruhandi, memastikan pengadangan terhadap truk sampah DKI tidak akan lagi terjadi. Kepastian ini setelah adanya pertemuan antara Pemerintah Kabupaten Bogor, DPRD Kabupaten Bogor, LSM dan Warga Cileungsi.

"Bogor ini kan sebagai salah satu kota penyanggah Jakarta. Jadi, kami punya kepentingan juga dengan DKI. Masalah sampah DKI bukan hanya masalah pak Ahok (Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama) tapi masalah kita semua," kata Ade di Jalan Raya Cileungsi, Bogor Timur, Jawa Barat, Rabu (4/11/2015).

Hanya, ada syarat agar truk sampah bisa melintas di Cileungsi: truk hanya boleh lewat pada jam operasional, pukul 21.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB.

"Jadi jangan ada tetesan air libah dari truk sampah, truk harus layak dan ditutup. Lintas kendaraannya jam operasional malam hari," terangnya.

Ia yakin dengan kesepakatan ini tidak akan ada lagi pengadangan truk sampah. Hasil kesepakatan ini pun nantinya akan disampaikan kepada Pemerintah Provinsi DKI. "Insya Allah tidak ada lagi," ucap dia.

Sementara, Warga Cileungsi Harini Ibeng menyambut baik isi kesepakatan warga Cileungsi dengan pemerintah Kabupaten Bogor. Ia berjanji tidak akan lagi mengadang truk sampah DKI. "Sekarang sudah tidak ada lagi pengadangan," kata Harini.

Hanya, pihaknya akan tetap mengawasi jalannya lintasan truk sampah. Jika truk tersebut melanggar persyaratan, warga akan menyuarakan aksinya kembali. "Kalau terjadi lagi (ada yang melintas siang atau sore) berarti mereka hanya janji-janji saja," tukas dia.

Seperti diketahui, puluhan orang yang mengatasnamakan warga Cileungsi dan ormas kepemudaan melakukan aksi penolakan terhadap truk sampah DKI di Jalan Raya Cileungsi, Bogor Timur, Jawa Barat. Aksi ini telah dilakukan sejumlah warga sejak Senin (2/11/2015).

Mereka merasa hanya mendapatkan imbas buruk dari melintasnya truk sampah ini, seperti bau sampah dan jalanan yang hancur.

Sepanjang aksi ini, ratusan truk sampah dari DKI dipaksakan untuk kembali memutar balik. Sebab, mereka melarang truk tersebut melintas di Cileungsi untuk mencapai Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.


(YDH)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /