BLH Yogya: Harusnya TPAS Hanya Terima Sampah Organik

Patricia Vicka    •    04 November 2015 15:44 WIB
sampah
BLH Yogya: Harusnya TPAS Hanya Terima Sampah Organik
Kepala BLH DIY, Joko Wiryanto. (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Badan Lingkungan Hidup (BLH) Daerah Istimewa Yogyakarta menyarankan pemerintah daerah untuk memilah sampah sebelum dimasukkan ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Piyungan, Bantul.

Kepala BLH DIY Joko Wuryantoro mengatakan TPAS Piyungan seharusnya hanya diperuntukkan sampah organik atau sampah yang bisa diurai.

"Sebelum dibuang, pemerintah daerah seharusnya memilah sampah menjadi beberapa jenis, antara lain sampah organik dan anorganik serta sampah kimia. Yang boleh dibuang ke TPAS Piyungan harusnya hanya organik," ujar Joko kepada Metrotvnews.com di Sleman, Yogyakarta, Rabu (4/11/2015).

Sementara, sampah anorganik seperti plastik, botol suntikan dan sampah kimia seperti baterai tidak seharusnya dibuang ke TPAS. "Sampah kimia itu berbahaya kalau dibuang di tempat yang tidak benar. Sedangkan sampah anorganik seharusnya tidak boleh dibuang ke TPAS karena memakan waktu yang lama untuk mengurainya," tegasnya.

Menurutnya, sampah anorganik dimusnahkan dengan cara dibakar dengan insenator yakni alat khusus pembakar yang minim polusi. Atau didaur ulang dan diolah lagi menjadi sebuah produk yang bernilai jual.

Selain itu, pihaknya juga meminta agar warga masyarakat secara sadar melakukan pemilahan sampah pribadi yang dihasilkan dalam rumah tangga.

"Warga pilah-pilah sampah jadi tiga bagian. Lalu diletakkan ke tiga tempat sampah. Jangan lupa awasi ke mana tempat akhir sampah itu dibuang. Pastikan dibuang ke tempat yang benar dan bukan di sungai," pungkasnya.


(SAN)


Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate
Timnas Inggris

Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate

2 weeks Ago

Adam Lallana merasa Gareth Southgate sudah melakukan keputusan tepat dengan tidak memanggilnya …

BERITA LAINNYA
Video /