Rute Solo-Denpasar Terimbas Erupsi Anak Rinjani

Pythag Kurniati    •    04 November 2015 18:56 WIB
erupsi gunung
Rute Solo-Denpasar Terimbas Erupsi Anak Rinjani
Suasana di Bandara Adi Soemarmo, Rabu (4/11/2015). Foto: Metrotvnews.com/Pythag

Metrotvnews.com, Solo: Erupsi Gunung Barujari yang berada di Kaldera Gunung Rinjani, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, berdampak pada jadwal penerbangan operator Air Asia rute Solo-Denpasar di Bandara Adi Soemarmo, Rabu, 4 November. Jadwal penerbangan dari Bandara Adi Soemarmo ke Bandara Internasional Ngurah Rai Bali terpaksa dibatalkan.

Emi Rupawati, calon penumpang dengan rute penerbangan Solo-Denpasar, mengatakan telah membeli tiket menuju Bandara Ngurah Rai satu hari sebelumnya. “Setelah itu saya dapat SMS reschedule pada pukul 14.30 WIB. Tapi pada saat perjalanan menuju bandara, saya mendapat SMS lagi penerbangan di-cancel,” kata perempuan asal Solo itu.

Emi sempat bingung karena tidak ada pemberitahuan mengapa penerbangan menuju Bali harus dibatalkan. “Akhirnya, karena urusan saya mendesak, saya cari tiket pesawat menuju ke Surabaya. Lalu menuju Bali melalui jalur darat," kata dia.

General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, mengatakan pembatalan penerbangan dilakukan karena ada arahan dari otoritas Bandara Ngurah Rai. “Harusnya tadi pagi open, tapi statusnya masih diperpanjang,” kata dia, ditemui, Rabu (04/11/2015).

Rute penerbangan Solo-Denpasar terjadwal tiga kali dalam seminggu, yakni Rabu, Jumat dan Minggu dengan tingkat okupansi 80 persen. “Bagi penumpang dari pihak operator sudah menawarkan akan menunggu sampai penerbangan dibuka atau di-cancel. Itu penumpang yang memutuskan,” ujarnya.

Berdasarkan informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Bandara Internasional Ngurah Rai Bali harus ditutup. Erupsi Gunung Barujari menyebarkan abu vulkanik ke arah barat daya hingga barat laut. Penutupan kembali tersebut berdasarkan pada Notice to Airman A2470/15. Penutupan berlaku 4 hingga 5 November pukul 07.45 WIB. Status Gunung Rinjani saat ini masih Waspada (berada di level II).


(UWA)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

4 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /