Test Drive

Hyundai H-1 CRDi Royale, MPV Bongsor Kelas Bisnis

Ainto Harry Budiawan    •    06 November 2015 09:38 WIB
test drive
Hyundai H-1 CRDi Royale, MPV Bongsor Kelas Bisnis
Hyundai H-1 nyaman dan bertenaga. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Hyundai Mobil Indonesia memiliki salah satu model yang bisa dikatakan menjadi tulang punggung penjualan mereka. Model tersebut adalah Hyundai H-1, sebuah kendaraan jenis multi purpose vehicle (MPV) berdimensi besar.

Hyundai H-1 bermain di segmen yang diisi oleh produk-produk asal Jepang. Sebagai satu-satunya brand asal Korea Selatan yang bermain di segmen ini, tentu H-1 punya segudang nilai jual yang layak jadi pertimbangan. Kami melakukan pengetesan langsung untuk Anda.

Desain
Seperti halnya kompetitor sekelas, mobil ini terbilang gambot. Dimensinya mencapai (PxLxT) 5.125 mm x 1.920 mm x 1.925 mm. Dengan sumbu roda 3.200 mm, serta ground clearance 190 mm.

Fascia depan berkesan gemuk, headlight berukuran besar, bumper yang tebal, hingga fender yang sedikit menonjol. Tidak seperti model Hyundai lainnya, pada H-1 belum terlihat bahasa desain khas mereka.

Mungkin karena ingin desain elegan untuk MPV bongsor yang menawarkan kenyamanan dan kemewahan, ketimbang menggunakan bahasa desain terbaru berkesan sangat sporty.

Kenyamanan
Posisi duduk pengemudi terbilang nyaman dengan busa jok yang tebal dan empuk. Setir yang ringan diputar hingga pandangan kedepan dan samping kanan-kiri sangat leluasa memantau kondisi sekitar mobil.

Tapi yang paling nyaman jelas saat duduk sebagai penumpang. Sepasang jok electric captain seat akan membuat penumpang serasa duduk di kabin pesawat kelas bisnis. 

Inilah pembeda tipe Royale, tertinggi dari H-1 dibandingkan tipe bawah. Konfigurasi kursi lebih sedikit, sehingga menyisakan ruang kabin lebih lapang.

Anda pun cukup dengan menekan tombol pada sisi dalam jok, penumpang bisa mengatur sandaran punggung sampai penahan kaki. Posisi jok bisa dibuat seolah Anda tengah selonjoran pada kasur yang empuk.

Jangan lupakann juga akses keluar masuk yang sangat mudah dan besar dengan pintu geser elektrik pada sisi kiri. Sedangkan pintu sisi kanan pintu geser manual.

Fitur dan Teknologi
Selain sepasang electric captain seat, ada pula sepasang glove box dibaris depan, setir dengan audio steering swith, head, tilt steering wheel, LCD monitor, head unit 2 din dengan GPS, dual airbag, transmisi otomatis shiftronic. Itu dari sisi interior.

Sedangkan eksterior, dimodali spion elektrik, body kit, lampu DRL LED, muffler end tip, high mount stop lamp, hingga desain pelek berukuran 18 inci yang sangat berkelas. Tidak kalah mewah dengan kompetitornya bukan?

Handling
Meski berdimensi besar, ternyata bermanuver dengan H-1 cukup mudah. Dengan radius putar hanya 5,6 meter, Anda tidak repot ketika hendak memutar arah atau hendak memarkirkan kendaraan.

Ayunan suspensi memang tidak terlalu lembut, tapi juga tidak terasa keras. Masih mampu menjaga kenyamanan kabin dan penumpang di dalamnya.

Positifnya, suspensi yang tidak terlalu lembut tadi justru membuat mobil minim gejala limbung. Jadi penumpang pun tidak merasa seperti dikocok-kocok ketika melewati jalan berkelok-kelok.

Performa
Untuk unit yang kami gunakan menggunakan mesin diesel 2.497 cc, CRDi engan Varible Geometric Turbo (VGT). Tidak ketinggalan dibekali juga dengan teknologi Common-Rail Direct Injection.



Tenaga puncaknya mencapai 170 daya kuda @3.800 rpm, dan paduan torsi besar mencapai 329 Nm @2.000-2.500 rpm. Cukup bejek sedikit, maka torsi besarnya langsung membuat MPV ini melesat.

Perpincahan tranmisi pun berlangsung halus, dengan respon cepat. Anda pun bisa memindahkan transmisi secara manual, karena sudah berteknologi shiftronic lima percepatan.

Kesimpulan
Dengan harga yang lebih terjangkau, karena berbeda cukup jauh dari kompetitor asal Jepang, Anda sudah mendapatkan sebuah Big MPV dengan tipe tertinggi. Tipe ini pun cocok untuk mobilitas pebisnis hingga membawa keluarga pelesiran.

Data Spesifikasi
Kapasitas mesin: 2.497 cc
Tipe mesin: Turbo diesel, 4 silinder
Tenaga maksimum: 170 dk @3.800 rpm
Torsi maksimum: 392 Nm @2.000-2.500 rpm
Transmisi: otomatis 5 speed
Dimensi (PxLxT): 5.125 mm x 1.920 mm x 1.925 mm
Sumbu roda: 3.200 mm
Ground clearance: 190 mm
Radius putar: 5,6 m


(UDA)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

1 day Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /