DIY Dirikan Monumen Peringatan Bencana Merapi

Patricia Vicka    •    04 November 2015 22:28 WIB
gunung merapierupsi gunung
DIY Dirikan Monumen Peringatan Bencana Merapi
Gunung Merapi. Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemerintah DIY melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mendirikan Monumen Tetenger atau 'pengingat' Erupsi Gunung Merapi di Dusun Bakalan Argomulyo Cangkringan, Sleman. Peletakan batu pertama Monumen Erupsi Merapi dilakukan Pejabat Bupati Sleman Gatot Saptadi pada Rabu 4 November.

Dalam kata sambutannya, Gatot Saptadi mengatakan monumen itu didirikan sebagai penanda dahsyatnya musibah erupsi Merapi. "Monumen ini dapat menjadi pengingat semua pihak untuk bersiaga mengantisipasi dampak bencana serupa yang akan terjadi di kemudian hari," tutur mantan Kepala BPBD DIY ini, melalui siaran pers di Yogyakarta, Rabu (4/11/2015).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Mitigasi Gempa Bumi dan Gerakan Tanah, Subadriyo, menambahkan belum pernah ada bencana sedahsyat letusan Merapi yang terjadi di Yogyakarta.

"Karena letusan itu, 25 dusun di 25 desa luluh lantak. Sehingga, tiga ribu rumah tersapu awan panas. Sebanyak 398 jiwa meninggal dunia dan 2.613 KK kehilangan tempat tinggal," kata dia.

Kerugian yang terjadi akibat letusan dasyat merapi ditafsir senilai Rp5,407 Triliun. Ia berharap ke depannya masyarakat bersiaga menghadapi bencana serupa.

Monumen Peringatan Erupsi Merapi dibangun dengan biaya Rp150 juta. Dusun Bangkalan menjadi tempat pembangunan monumen ini. Dusun ini adalah salah satu dusun yang rusak parah akibat letusan Merapi pada 2010. Dusun ini terletak di 14 kilometer dari puncak Merapi.


(UWA)

Mourinho Kagumi Bek Benfica
Liga Champions 2017--2018

Mourinho Kagumi Bek Benfica

2 hours Ago

Kesetiaan Luisao membuat pelatih Manchester United Jose Mourinho kagum. Ia memuji penampilan be…

BERITA LAINNYA
Video /