Pesisir Utara Diminta sebagai Syarat Jadi Provinsi Baru

Agus Josiandi    •    05 November 2015 15:13 WIB
madura mau jadi provinsi
Pesisir Utara Diminta sebagai Syarat Jadi Provinsi Baru
Persiapan pembentukan Provinsi Madura di Bangkalan, MTVN - Agus Josiandi

Metrotvnews.com, Bangkalan: Salah satu syarat pembentukan provinsi baru adalah satu wilayah memiliki lima kabupaten/kota. Lantaran itu, kawasan pantai utara layak dimekarkan untuk memenuhi syarat pembentukan Provinsi Madura.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Bangkalan Mondir Rofii di Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Mondir menolak pemekaran dilakukan di kawasan utara. Alasannya, pembangunan di kawasan utara lebih membutuhkan pengembangan. Jarak antara delapan kecamatan lebih berdekatan.

Sedangkan posisi pusat pemerintahan empat kabupaten itu di wilayah selatan. Sehingga pembangunannya sudah lebih maju ketimbang utara.

"Tapi perlu ada duduk bersama semua elemen yang ada di Madura, termasuk pimpinan daerah di empat kabupaten. Harus satu suara," terang Mondir Rofii, Kamis (5/11/2015).

Mondir mengatakan, tak masalah bila Madura menjadi provinsi. Asalkan langkahnya dikoordinasikan terlebih dahulu dengan empat pimpinan daerah.

Sementara Panitia Persiapan Pembentukan Provinsi Madura (P4M) tak mau ambil pusing soal syarat itu. Sekjen P4M Jimhur Saros mengatakan akan melakukan judicial review atas syarat tersebut.

"Jadi jika berhasil, empat kabupaten saja sudah cukup untuk membentuk provinsi Madura," papar Jimhur.

Pembentukan Provinsi Madura kembali mengemuka setelah sebuah undangan beredar pada 3 November 2015. Undangan itu menyebutkan Deklarasi Provinsi Madura dilakukan pada 10 November 2015 di Gedung Ratho Ebhu di Jalan Jenderal A. Yani, Bangkalan.

Menurut Undang Undang Nomor 32 Tahun 2004 Pasal 5 tentang pemerintah daerah, Madura belum dapat melepaskan diri dari Jawa Timur. Salah satu alasannya yaitu Madura hanya memiliki empat kabupaten.


(RRN)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /