Mbah Rono: Gunung yang Meletus adalah Rinjani, Bukan Barujari

Ahmad Mustaqim    •    05 November 2015 15:32 WIB
gunung rinjani
Mbah Rono: Gunung yang Meletus adalah Rinjani, Bukan Barujari
Tenaga Ahli Bidang Kebencanaan Kementerian ESDM, Surono. (Ant/Regina Safri)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Peristiwa letusan gunung awal pekan lalu jadi sorotan publik. Terlebih abu vulkaniknya telah melumpuhkan ratusan penerbangan di beberapa bandara.

Namun, ada kesimpangsiuran penyebutan nama gunung yang meletus itu. Ada yang menyebut Gunung Barujari, tapi tak sedikit yang mengatakan Gunung Rinjani.

Menanggapi itu, Tenaga Ahli Bidang Kebencanaan Kementerian ESDM, Surono mengatakan, sebelum bernama Barujari, gunung di Lombok Timur, NTB ini, dulunya bernama Gunung Samalas. Gunung itu kemudian berganti nama menjadi Rinjani.

"Gunung Rinjani itu dulu bernama Gunung Samalas," kata lelaki yang akrab dipanggil Mbah Rono, Kamis (05/11/2015).

Ia mengungkapkan, pada abad ke-13, Gunung Samalas pernah meletus. Saat meletus, gunung tersebut memiliki kaldera yang cukup luas.

Kemudian, ia melanjutkan, tumbuh sebuah kerucut aktif di bagian tengah kaldera. Terbentuknya kerucut aktif itulah yang kemudian disebut sebagai Gunung Barujari yang saat ini meletus.

"Gunung Barujari tidak akan ada tanpa Gunung Rinjani," ujarnya.

Pakar kegunungapian ini mencontoh, bahwa kaldera juga ada di Gunung Bromo. Kaldera itu ia sebut sebagai Kaldera Tenger yang muncul di bagian tengah. "Kerucut aktif Gunung Tenger adalah Gunung Bromo, mungkin dulunya Gunung Batok," ungkapnya.

Mbah Rono menegaskan, gunung yang saat ini meletus merupakan Gunung Rinjani. Gunung tersebut meletus melalui kerucut aktif di dalam kaldera yang disebut Gunung Barujari.

"Yang benar, Gunung Rinjani meletus. Gunung Rinjani meletus lewat kerucut aktif yang disebut Gunung Barujari itu," kata dia. (san)


(SAN)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /