BPLHD Jawa Barat: 16 Perusahaan di Cekungan Bandung Cemari Lingkungan

Antara    •    05 November 2015 17:48 WIB
pencemaran lingkungan
BPLHD Jawa Barat: 16 Perusahaan di Cekungan Bandung Cemari Lingkungan
Foto: Ilustrasi Cekungan Bandung/dok_wordpress

Metrotvnews.com, Bandung: Sebanyak 16 perusahaan di kawasan Cekungan Bandung, Jawa Barat, mencemari lingkungan sekitar. Hal ini berdasarkan hasil riset Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jawa Barat.

"Perlu saya tegaskan di sini semua pabrik di cekungan Bandung itu sontoloyo. Semuanya melakukan pencemaran," kata Kepala BPLHD Jawa Barat Anang Sudarna saat dihubungi Antara, Kamis (5/11/2015).

Anang mengatakan, ke16 perusahaan itu diberi sanksi. Sebanyak 11 perusahaan di antaranya dijatuhi sanksi administrasi. Sementara, lima perusahaan lainnya masih dalam tahap penyidikan di Polda Jawa Barat.

"Salah satunya, PT Kahatex. Semua perusahaan yang diberi sanksi admnistrasi, kami beri jangka waktu untuk memperbaiki pengelolaan limbahnya," kata dia.

BPLHD Jawa Barat sudah melayangkan surat teguran ke perusahaan itu. Apabila perusahaan itu tidak memedulikan tiga kali surat teguran maka akan diserahkan ke penegak hukum.

"Namun biasanya baru beberapa kali teguran perusahaan ada sebagian yang melaksanakan," ujar dia.

Ia menuturkan pelanggaran yang dilakukan industri tersebut bermacam-macam di antaranya membuang bahan berbahaya dan breacun (B3), membuang limbah cair, hingga membangun pabrik mengganggu aliran sungai. Alasannya, biaya pengolahan limbah industri cukup mahal.

"Jadi perusahaan yang disidik tersebut salah satunya adalah PT Kahatex di Kabupaten Bandung," kata dia.

Berdasarkan data yang dimiliki BPLHD Jawa Barat, untuk mengolah limbah di seluruh industri yang ada di Jawa Barar mencapai Rp22,5 triliun. Perhitungannya, jumlah industri besar dan menengah sebanyak 2.800 industri dan mayoritas perusahaan tersebut membuang limbah sebanyak 3.000 meter kubik.

"Dan untuk mengolah limbah, per meter kubiknya dibutuhkan biaya Rp7.500 sehingga totalnya 2.800 industri membutuhkan Rp22,5 triliun," kata dia.


(TTD)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

2 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /